Strategi Rusia Ini Diprediksi Akan Membuat Ukraina Bertekuk Lutut

Jum'at, 12 April 2024 - 10:50 WIB
loading...
A A A
Pembangkit listrik Trypilska adalah fasilitas energi terbesar di dekat Kyiv dan dibangun dengan kapasitas 1.800 megawatt, lebih besar dari kebutuhan kota terbesar di Ukraina sebelum perang.

Operator jaringan Ukrenergo mengatakan gardu induk dan fasilitas pembangkit listriknya telah rusak akibat serangan di wilayah Odesa, Kharkiv, Zaporizhzhia, Lviv dan Kyiv.

Perusahaan listrik swasta terbesar di Ukraina, DTEK, yang kehilangan 80% kapasitas pembangkitnya akibat serangan pada 22 Maret dan 29 Maret, mengatakan serangan Rusia menghantam dua pembangkit listriknya.

Pada Kamis sore, pasukan Rusia menyerang pembangkit listrik tenaga panas di wilayah Sumy di Ukraina utara dengan bom berpemandu. Skala kerusakan belum diketahui secara pasti.

Serangan itu juga menyerang dua fasilitas penyimpanan bawah tanah tempat Ukraina menyimpan gas alam, termasuk beberapa milik perusahaan asing, kata perusahaan energi Naftogaz. Fasilitas tersebut terus beroperasi.

“Situasi di Ukraina sangat buruk; kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu,” kata Duta Besar AS Bridget Brink, seraya menambahkan bahwa 10 rudal menghantam infrastruktur di wilayah Kharkiv saja.

Operator jaringan listrik mengeluarkan pernyataan yang mendesak warga Ukraina untuk meminimalkan penggunaan listrik pada jam-jam sibuk malam hari.

Wilayah Kharkiv, yang berbatasan dengan Rusia dan sudah lama mengalami pemadaman bergilir, terpaksa memutus aliran listrik untuk 200.000 orang, kata asisten presiden Oleksiy Kuleba.

Ukraina telah memperingatkan bahwa mereka bisa kehabisan amunisi pertahanan udara jika Rusia terus meningkatkan intensitas serangannya dan bahwa Ukraina sudah harus membuat keputusan sulit mengenai apa yang harus dipertahankan.

Terjadi perlambatan dalam bantuan Barat dan paket bantuan besar AS telah diblokir oleh Partai Republik di Kongres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)