Gao Yaojie, Dokter Pembangkang yang Ungkap Praktik Penjualan Darah di China

Senin, 08 April 2024 - 14:47 WIB
loading...
Gao Yaojie, Dokter Pembangkang yang Ungkap Praktik Penjualan Darah di China
Dokter Gao Yaojie, whsitleblower yang ungkap praktik penjualan darah sebagai penyebab pandemi AIDS/HIV di China tahun 1990-an. Foto/AP Photo/Elizabeth Dalziel/File
A A A
BEIJING - Sebelum adanya pandemi Covid-19 di China, terdapat pandemi AIDS/HIV yang banyak menyerang masyarakat pada tahun 1990-an.

Pada saat itu, AIDS telah muncul di belahan dunia lain, termasuk Eropa dan Amerika Serikat (AS), yang sebagian besar kasusnya ditularkan melalui hubungan seksual. Namun di China, orang-orang tertular setelah menjual darah dan plasma mereka atau menerima transfusi yang terkontaminasi.

Selama dekade berikutnya, sebanyak 300.000 orang di Provinsi Henan, pusat perdagangan plasma, menjadi terinfeksi—sebuah skandal yang diungkapkan Dr Gao Yaojie, seorang ginekolog setempat.

Sebuah laporan baru-baru ini di Al Jazeera mengatakan bahwa Dr Gao adalah pelapor paling terkenal di China, bahkan sebelum dokter mata Li Wenliang yang memperingatkan China tentang wabah Covid-19 dan meninggal karena virus tersebut di awal tahun 2020.

Baca Juga: Dokter Whistleblower Corona di Wuhan Hilang usai Bicara dengan Media

Mengutip dari The HK Post pada Senin (8/4/2024), keputusan Dr Gao mengungkap sumber epidemi AIDS di China membuatnya diasingkan selama 14 tahun, dan dia meninggal pada Desember lalu di usia 95 tahun, di New York, Amerika Serikat.

Mengingat kembali pelapor ini adalah bagian penting dari narasi mengenai China, di mana Partai Komunis China (CCP) mengontrol informasi dengan ketat.

Tanpa pelapor pelanggaran (whistleblower) seperti itu, dunia akan kurang mendapat informasi mengenai penderitaan rakyat China.

Netizen di China berduka atas kematian Dr Gao di halaman “dinding ratapan” Weibo yang sama tempat mereka memperingati Dr Li Wenliang. Pertentangan di China terhadap pemerintahan CCP atau kebebasan dasar telah menjadi hal biasa dan kadang-kadang, ada individu yang menonjol, di mana Dr Gao Yaojie adalah salah satunya.

Turunnya Dr Gao dari posisi terkemuka hingga penganiayaan resmi yang tiada henti mengungkap betapa kejamnya China. Satu-satunya tuntutannya adalah kebebasan bersuara, menyampaikan kebenaran di balik epidemi AIDS di China kepada seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)