Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

Kamis, 04 April 2024 - 15:15 WIB
loading...
Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?
Gedung Putih membatalkan ritual buka puasa bersama karena isu Perang Gaza. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih telah membatalkan acara buka puasa Ramadan setelah beberapa Muslim Amerika menolak undangan tersebut sebagai protes atas dukungan Presiden Joe Biden terhadap perang Israel di Gaza .

Sumber yang berbicara kepada Al Jazeera tanpa menyebut nama, mengatakan pembatalan terjadi setelah anggota komunitas Muslim memperingatkan para pemimpin agar tidak menghadiri jamuan makan di Gedung Putih.

Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

1. Pemimpin Komunitas Muslim Menolak Hadiri Jamuan Buka Puasa di Gedung Putih

Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

Foto/Reuters

Edward Ahmed Mitchell, wakil direktur Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR), juga mengatakan acara tersebut dibatalkan karena begitu banyak orang memilih untuk tidak hadir, termasuk para undangan yang awalnya setuju untuk hadir.

“Komunitas Muslim Amerika telah mengatakan sejak awal bahwa sangat tidak dapat diterima bagi kami untuk berbagi roti dengan Gedung Putih yang sama yang memungkinkan pemerintah Israel membuat kelaparan dan membantai rakyat Palestina di Gaza,” kata Mitchell kepada Al Jazeera.

Baik CNN maupun NPR melaporkan pada hari Senin bahwa Gedung Putih sedang mempersiapkan acara buka puasa bersama.

Namun beberapa jam kemudian, pada hari Selasa, Gedung Putih malah mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan jamuan makan hanya untuk staf pemerintah Muslim dan mengadakan pertemuan terpisah dengan beberapa tokoh komunitas Muslim Amerika.


2. Komunitas Muslim Sudah Marah

Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

Foto/Reuters

Pembatalan acara buka puasa ini menggarisbawahi perjuangan Biden untuk membendung kemarahan yang semakin meningkat di komunitas Arab dan Muslim AS atas dukungan tanpa syaratnya terhadap Israel.

Kritikus memperingatkan kemarahan tersebut bisa menjadi bahaya bagi Biden di kotak suara pada pemilihan presiden bulan November.

“Kami mendengarkan,” kata Gedung Putih

3. Kegagalan Ritual yang Sudah Berlangsung 2 Dekade

Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

Foto/Reuters

Selama dua dekade terakhir, presiden AS telah menyelenggarakan acara buka puasa bersama puluhan tokoh Muslim Amerika. Mirip dengan acara keagamaan dan budaya lainnya di Gedung Putih, jamuan makan Ramadhan telah menjadi perayaan komunitas Muslim dan secara tradisional terbuka untuk pers.

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengonfirmasi bahwa Biden dan Wakil Presidennya Kamala Harris akan bertemu dengan “pemimpin komunitas” Muslim.

Ketika ditanya mengapa “pemimpin komunitas” tidak menghadiri acara buka puasa tersebut, Jean-Pierre mengatakan bahwa mereka meminta pertemuan daripada makan malam.

“Mereka ingin memastikan bahwa ada kesempatan untuk membahas masalah yang ada,” katanya kepada wartawan.

“Mereka pikir penting untuk melakukan hal itu. Jadi, kami mendengarkan, kami mendengar, dan kami menyesuaikan formatnya agar responsif.”

4. Tidak Mau Hanya Sekadar Foto-foto

Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

Foto/Reuters

Beberapa aktivis Muslim Amerika mengatakan pertemuan tersebut hanya akan menjadi “foto-foto” yang sia-sia, dengan alasan bahwa komunitas Muslim telah menyatakan posisinya selama enam bulan terakhir.

“Tidak peduli berapa banyak pertemuan yang kita lakukan, tidak peduli berapa banyak orang yang hadir, tidak peduli berapa banyak pembicaraan yang dilakukan, Gedung Putih menolak untuk melakukan perubahan,” kata Mohammad Habehh, direktur pengembangan Muslim Amerika untuk Palestina.

Habehh menekankan bahwa Biden tidak bisa mengklaim peduli terhadap komunitas Muslim Amerika jika dia tidak mengakhiri dukungannya terhadap Israel.

“Foto-foto yang mereka lakukan – diskusi yang mereka lakukan untuk menunjukkan bahwa mereka masih mendapat dukungan komunitas Muslim – hanyalah upaya menyedihkan untuk membuat diri mereka terlihat bagus pada saat warna asli mereka terlihat,” Habehh mengatakan kepada Al Jazeera.

Pemerintahan Biden telah mengadakan beberapa pertemuan rahasia dengan sejumlah warga Arab dan Muslim di seluruh negeri sejak dimulainya perang di Gaza.

Masalah utama dalam perundingan tersebut, kata para aktivis, adalah bahwa pemerintah telah memilih sendiri siapa yang akan diajak bertemu.

Seorang advokat Muslim yang dekat dengan pemerintahan Trump memberikan daftar pemimpin Palestina-Amerika yang kredibel untuk diundang ke pertemuan di Gedung Putih tahun lalu, namun pemerintah menolak nama-nama tersebut, kata salah satu sumber kepada Al Jazeera.

Emgage, sebuah kelompok advokasi politik Muslim yang mendukung Biden pada tahun 2020, mengatakan bahwa mereka menerima undangan untuk pertemuan hari Selasa tetapi menolak untuk hadir, dengan alasan dukungan tanpa syarat AS untuk Israel dan meningkatnya jumlah korban tewas di Gaza.

“Karena rasa sakit dan penderitaan yang luar biasa, kami telah meminta Gedung Putih untuk menunda pertemuan ini dan mengadakan pertemuan kebijakan yang tepat dengan perwakilan yang dipilih masyarakat, bukan yang dipilih oleh Gedung Putih,” kata CEO Emgage Wa'el Alzayat dalam sebuah pernyataan.

Emgage menguraikan daftar tuntutan untuk Biden, termasuk gencatan senjata “segera dan permanen”, dimulainya kembali pendanaan untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan “jalur politik yang sah” untuk negara Palestina.

“Emgage siap mendukung upaya yang terlibat secara substantif pada prioritas di atas. Namun, tanpa lebih banyak suara dan pakar kebijakan Palestina yang hadir, kami yakin pertemuan hari ini tidak akan memberikan peluang seperti itu,” kata Alzayat.

Hebah Kassem, ahli strategi politik Amerika-Palestina, menyuarakan keprihatinan yang sama.

“Pemerintah secara strategis memilih siapa yang harus ikut serta dalam perundingan, dan mereka memilih orang-orang yang mungkin tidak kritis terhadap tindakan dan kebijakan mereka,” kata Kassem kepada Al Jazeera.

“Mengapa kita membiarkan mereka memilih siapa yang mewakili kita? Pertemuan-pertemuan ini tidak membawa perubahan apa pun. Bahkan, Biden telah melipatgandakan dukungannya terhadap Israel dan meningkatkan pasokan senjata ke Israel.”

5. Biden Terlalu Mendukung Israel

Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

Foto/Reuters

Pemerintahan Biden telah mengesampingkan pengondisian atau penghentian aliran senjata ke Israel meskipun kekejaman Israel meningkat.

Serangan Israel telah menewaskan hampir 33.000 warga Palestina, menghancurkan sebagian besar Gaza dan mendorong wilayah tersebut ke ambang kelaparan.

Meskipun pemerintahan Biden kadang-kadang menyatakan keprihatinannya atas tindakan pemerintah Israel, pemerintahan Biden secara teratur menegaskan komitmennya terhadap aliansi dengan Israel.

Pada hari Selasa, misalnya, Gedung Putih menyatakan kemarahannya atas serangan Israel yang menewaskan tujuh pekerja kemanusiaan World Central Kitchen.

Namun, juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa AS tidak akan memaksakan “kondisi yang membebani Israel”.

“Kami masih akan memastikan bahwa mereka dapat membela diri,” katanya.

6. Dukungan Biden ke Israel Tak Tergoyahkan

Mengapa Acara Buka Puasa di Gedung Putih Gagal karena Perang Gaza?

Foto/Reuters

Abed Ayoub, direktur eksekutif Komite Anti-Diskriminasi Arab Amerika (ADC), mengatakan dukungan Biden yang tak tergoyahkan terhadap Israel menunjukkan bahwa pertemuan dengan pejabat pemerintah mengenai Gaza tidak berhasil.

“Anda harus mengukur efektivitas pertemuan ini melalui hasil dan tindakan pemerintah,” katanya kepada Al Jazeera. “Pemerintah tahu di mana kami berdiri; mereka tidak perlu mendengarnya lagi.”

Namun Salima Suswell, pemimpin Dewan Kepemimpinan Muslim Kulit Hitam, mengatakan penting bagi Biden untuk mendengarkan perspektif Muslim Amerika secara langsung. Dia menghadiri pertemuan hari Selasa di Gedung Putih.

“Presiden perlu memahami bahwa Muslim Kulit Hitam dan Kulit Hitam Amerika sangat terpukul oleh tragedi yang sedang berlangsung di Gaza, hilangnya begitu banyak nyawa, dan dukungan Pemerintah terhadap serangan gencar tersebut,” kata Suswell kepada Al Jazeera melalui email sebelum pertemuan.

“Presiden akan mengadakan pemilu, dan pemilih kulit hitam serta Muslim akan menjadi orang yang sangat penting. Saya ingin menjelaskan kepadanya apa yang dipertaruhkan jika dia tidak mengambil tindakan.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)