Pakar: Iran Mustahil Berani Serang Israel Meski Konsulatnya Digempur Jet Siluman F-35

Kamis, 04 April 2024 - 07:02 WIB
loading...
A A A
Dalam posting-an X jam setelah serangan Israel, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian mengatakan bahwa Iran menganggap AS bertanggung jawab atas serangan terhadap konsulatnya. “Amerika harus bertanggung jawab," tulis dia.

Ali Shamkhani, penasihat Khamenei, menyuarakan sentimen serupa, menulis dalam sebuah postingan di platform media sosial: "AS tetap bertanggung jawab secara langsung baik mereka menyadari niat untuk melakukan serangan ini atau tidak.”

Namun para pejabat AS membantah terlibat, dan menekankan bahwa Washington tidak berperan dalam serangan tersebut.

Iran dapat membalas dengan memerintahkan proksinya untuk melanjutkan serangan terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah. Serangan semacam itu sering terjadi hingga akhir Januari ketika Washington menanggapi pembunuhan tiga tentara AS di Yordania dengan sejumlah serangan udara terhadap sasaran di Suriah dan Irak yang berafiliasi dengan Iran dan milisi yang didukungnya.

Menyusul serangan Israel pada hari Senin, pasukan AS di Suriah mencegat serangan drone satu arah di dekat pangkalan al-Tanf. Namun, para pejabat AS mengatakan mereka tidak yakin pangkalan itu merupakan sasaran yang dimaksudkan.

Asal-usul drone tersebut dan pihak yang bertanggung jawab atas peluncurannya masih belum jelas, meskipun Wakil Juru Bicara Pentagon Sabrina Singh mengaitkannya dengan milisi yang didukung IRGC.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)