Pakar: Iran Mustahil Berani Serang Israel Meski Konsulatnya Digempur Jet Siluman F-35

Kamis, 04 April 2024 - 07:02 WIB
loading...
A A A
Perang langsung dengan Israel dan pendukung utamanya, Amerika Serikat, akan menimbulkan ancaman besar bagi kelangsungan rezim tersebut.

Arash Azizi, dosen senior sejarah dan ilmu politik di Clemson University di South Carolina, mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa Iran mustahil mengambil tindakan langsung terhadap sasaran Israel, terutama sasaran yang signifikan.

Azizi mengatakan Iran, meski menghadapi tekanan untuk membalas, mungkin juga berusaha menghindari apa yang dia sebut sebagai “umpan Netanyahu", mengacu pada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang negaranya terlibat dalam perang di Gaza dengan kelompok Hamas yang didukung Iran hampir enam bulan terakhir.

Israel, yang dikenal sering melakukan serangan udara terhadap sasaran-sasaran yang terkait dengan Iran di Suriah, tetap diam mengenai serangan tersebut. Namun, pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya yang dikutip oleh New York Times mengakui tanggung jawab Israel.

Pada hari Selasa Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei bersumpah akan membalas dendam.

“[Israel] akan dihukum di tangan orang-orang pemberani kami. Kami akan membuatnya menyesali kejahatan ini dan kejahatan lain yang telah dilakukannya,” katanya.

Beberapa orang berspekulasi apakah rujukan Khamenei pada “orang-orang pemberani kami” mengisyaratkan pembalasan langsung dari Iran dan bukan melalui perantaraan.

Namun, Kasra Aarabi, direktur penelitian IRGC di United Against Nuclear Iran, tidak setuju dengan penafsiran pernyataan Khamenei tersebut, dan mengatakan bahwa pemimpin Iran memandang Timur Tengah “bukan melalui negara-bangsa, tetapi melalui prisma ‘Imam dan Umat’.”

"Khamenei menganggap dirinya sebagai Imam dan semua pejuang proksi Imam. Dengan demikian, mereka juga dapat dianggap sebagai ‘orang kami’ untuk Khamenei,” jelas Aarabi dalam posting-an di platform media sosial X.

Dia menambahkan bahwa dia tidak yakin serangan Israel akan mengarah pada perang langsung atau serangan Iran terhadap Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)