10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Senin, 01 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mengatakan AS “melewati garis merah” dengan keputusannya mengirim tank Abrams ke Ukraina.

Dia menambahkan: “Saya menyampaikan keprihatinan serius atas peningkatan situasi perang yang dilakukan AS dengan menyediakan perangkat keras militer kepada Ukraina untuk serangan darat, dan mengecam keras hal tersebut.

“AS adalah penjahat utama yang menimbulkan ancaman dan tantangan serius terhadap keamanan strategis Rusia dan mendorong situasi regional ke tahap yang sangat buruk saat ini.”

AS menuduh Korea Utara memasok senjata ke Rusia, khususnya peluru artileri, dan menyalurkannya melalui Timur Tengah dan Afrika pada tahun 2022. AS juga diyakini memiliki mengirim Moskow dengan lebih dari seribu kontainer senjata pada tahun 2023 setelah pemimpin Korea Utara Kim melakukan kunjungan diplomatik tingkat tinggi ke Rusia.


4. Suriah

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

Moskow masih terus menarik sekutu-sekutunya yang paling tidak disukai, karena Suriah telah menjadi salah satu penggemar terbesarnya.

Presiden Bashar al-Assad memuji invasi besar-besaran tersebut sebagai “koreksi sejarah” dan menuduh negara-negara Barat menggunakan “metode kotor untuk mendukung teroris di Suriah dan Nazi di Ukraina.”

Assad sepenuhnya bergantung pada dukungan militer Rusia untuk menekan pemberontakan rakyat di negaranya sendiri yang meningkat menjadi perang saudara yang sudah berlangsung hampir 12 tahun.

Rusia membentuk kehadiran militer permanen di pangkalan angkatan laut dan udara di Suriah pada tahun 2017, dengan penempatan militer yang lebih kecil sebelumnya.

5. China

Hal yang paling dekat dengan dukungan Moskow terhadap negara adidaya global sejak Rusia menginvasi Ukraina adalah China, meskipun hal ini masih jauh dari kata definitif atau tanpa syarat. China tidak pernah mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, juga tidak mendukungnya, meskipun Beijing dan Moskow tetap menjalin hubungan diplomatik yang bersahabat.

China telah mengambil kebijakan yang rumit dan sedikit ambigu yang kadang-kadang serupa dengan kebijakan Kremlin, misalnya dengan menyebut invasi tersebut sebagai “operasi militer khusus,” dan tidak ikut serta dalam pemungutan suara PBB yang mengecam tindakan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)