10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Senin, 01 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia
Banyak negara mengantre menjadi sekutu Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia menjadi kekuatan yang menjadi daya tarik karena mampu bersaing dengan Amerika Serikat (AS) dan aliansinya. Tak mengherankan jika banyak negara juga mengantre untuk bersekutu dengan Rusia.

Banyak negara yang bersekutu dengan Rusia – beberapa di antaranya menawarkan dukungan penuh seperti , China Tiongkok dan India. Namun, sekutu Rusia juga ditunjukkan dengan menolak untuk mengutuk perang Rusia dan Ukraina serta berbagai konflik yang melibatkan Moskow.

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

1. Belarusia

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

Melansir Kyiv Post, secara militer, Belarusia adalah sekutu terdekat Rusia, yang mengizinkan wilayah darat dan udaranya digunakan oleh pasukan Kremlin.

Meskipun sejauh ini menolak tekanan dari keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengirim pasukan ke Ukraina, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko tidak merasa ragu dengan ribuan rudal yang diluncurkan dari Belarusia ke kota-kota di Ukraina.

Lukashenko tidak punya banyak pilihan dalam masalah ini mengingat dia masih berkuasa karena Moskow membantunya memadamkan pemberontakan rakyat setelah pemilu yang diperebutkan pada tahun 2020.

2. Iran

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

Iran telah muncul sebagai salah satu dari sedikit sekutu Rusia yang tersisa, dengan Moskow semakin terisolasi karena invasi tahun 2022.

Pemerintah Iran mempunyai ketidakpercayaan yang sama dengan Kremlin terhadap apa pun yang bersifat Barat, dan selama percakapan telepon di awal invasi besar-besaran, Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan kepada Putin: “Ekspansi NATO adalah ancaman serius terhadap stabilitas dan keamanan negara-negara merdeka di dunia. wilayah yang berbeda.”

Pada bulan Desember 2022, AS menguraikan hubungan yang luas dan berkembang antara Iran dan Rusia yang melibatkan peralatan seperti helikopter, jet tempur, dan drone kamikaze.

Drone-drone ini telah menyerang kota-kota di Ukraina hampir setiap minggu selama berbulan-bulan, dan dilaporkan bahwa drone-drone tersebut diselundupkan ke Rusia menggunakan kapal dan maskapai penerbangan negara Iran. Laporan mulai muncul pada Agustus 2023 bahwa Rusia mungkin memproduksi drone Iran di wilayahnya sendiri, dengan bantuan dari wilayah kantong Islam.

Hubungan ekonomi dan militer Iran dengan Rusia semakin meningkat dan ada juga kekhawatiran bahwa Iran akan memasok rudal balistik kepada Rusia, yang tidak dapat ditembak jatuh oleh pertahanan udara Ukraina saat ini.

3. Korea Utara

Mungkin tidak mengherankan, musuh lama tatanan internasional, Korea Utara, adalah pendukung setia Moskow dan sangat mengkritik AS serta menyalahkan AS atas invasi besar-besaran yang dilakukan Kremlin.

Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mengatakan AS “melewati garis merah” dengan keputusannya mengirim tank Abrams ke Ukraina.

Dia menambahkan: “Saya menyampaikan keprihatinan serius atas peningkatan situasi perang yang dilakukan AS dengan menyediakan perangkat keras militer kepada Ukraina untuk serangan darat, dan mengecam keras hal tersebut.

“AS adalah penjahat utama yang menimbulkan ancaman dan tantangan serius terhadap keamanan strategis Rusia dan mendorong situasi regional ke tahap yang sangat buruk saat ini.”

AS menuduh Korea Utara memasok senjata ke Rusia, khususnya peluru artileri, dan menyalurkannya melalui Timur Tengah dan Afrika pada tahun 2022. AS juga diyakini memiliki mengirim Moskow dengan lebih dari seribu kontainer senjata pada tahun 2023 setelah pemimpin Korea Utara Kim melakukan kunjungan diplomatik tingkat tinggi ke Rusia.


4. Suriah

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

Moskow masih terus menarik sekutu-sekutunya yang paling tidak disukai, karena Suriah telah menjadi salah satu penggemar terbesarnya.

Presiden Bashar al-Assad memuji invasi besar-besaran tersebut sebagai “koreksi sejarah” dan menuduh negara-negara Barat menggunakan “metode kotor untuk mendukung teroris di Suriah dan Nazi di Ukraina.”

Assad sepenuhnya bergantung pada dukungan militer Rusia untuk menekan pemberontakan rakyat di negaranya sendiri yang meningkat menjadi perang saudara yang sudah berlangsung hampir 12 tahun.

Rusia membentuk kehadiran militer permanen di pangkalan angkatan laut dan udara di Suriah pada tahun 2017, dengan penempatan militer yang lebih kecil sebelumnya.

5. China

Hal yang paling dekat dengan dukungan Moskow terhadap negara adidaya global sejak Rusia menginvasi Ukraina adalah China, meskipun hal ini masih jauh dari kata definitif atau tanpa syarat. China tidak pernah mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, juga tidak mendukungnya, meskipun Beijing dan Moskow tetap menjalin hubungan diplomatik yang bersahabat.

China telah mengambil kebijakan yang rumit dan sedikit ambigu yang kadang-kadang serupa dengan kebijakan Kremlin, misalnya dengan menyebut invasi tersebut sebagai “operasi militer khusus,” dan tidak ikut serta dalam pemungutan suara PBB yang mengecam tindakan tersebut.

Pada tahun 2022, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan negaranya akan membantu Rusia “mengatasi kesulitan, menghilangkan gangguan, mewujudkan tujuan strategis pembangunan, dan semakin mengukuhkan Rusia di panggung internasional.”

Namun hal ini sangat kontras dengan komentar juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning, yang menyerukan deeskalasi, dan menambahkan, “semua negara berhak dihormati atas kedaulatan dan integritas wilayahnya,” dan bahwa “dukungan harus diberikan pada semua upaya yang kondusif bagi perdamaian dan menyelesaikan krisis ini.”

Rusia telah berulang kali meminta senjata dari China, namun sejauh yang diketahui, Beijing menolak keras. Namun Tiongkok telah menyediakan peralatan tidak mematikan seperti jaket antipeluru dan helm, menurut sumber intelijen AS. Pada bulan Oktober 2023, Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengakui “pada dasarnya semua” drone sipil berasal dari Tiongkok.

Salah satu cara China mendukung Moskow adalah dengan meningkatkan impor minyak dan gas Rusia. Kedua negara juga memiliki hubungan ekonomi yang erat, yang ditegaskan kembali dengan kehadiran Putin di Forum Sabuk dan Jalan Chinapada bulan Oktober 2023, dimana presiden Rusia tersebut menyebut rekannya Xi sebagai “teman baik.”

Namun China tetap berhati-hati untuk berbuat lebih banyak jika mereka marah karena sanksi Barat yang melemahkan.

7. India

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

India adalah negara lain yang mengambil sikap ambigu dan cara yang paling mendekati kritik terhadap Rusia adalah dalam pertemuan canggung yang disiarkan televisi pada bulan September 2022, ketika Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kepada Putin, “Saya tahu bahwa era saat ini bukanlah era perang, dan saya telah berbicara dengan Anda melalui telepon mengenai hal ini.”

Namun, sama seperti China, India telah meningkatkan impor gas dan minyak Rusia sejak Februari 2022, yang secara tidak langsung membantu membiayai militer Kremlin.

India juga abstain dalam pemungutan suara pada hampir setiap resolusi yang mengecam agresi Rusia di PBB.

Masyarakat umum di India tampaknya memiliki dukungan yang kuat terhadap Rusia, hal ini mungkin disebabkan oleh ketergantungan India pada perangkat keras militer Rusia saat ini dan kenangan akan Uni Soviet yang membantu India dalam Perang Kemerdekaan Bangladesh pada tahun 1971.

8. Mali

Mali baru-baru ini berayun tajam ke dalam orbit Kremlin setelah Prancis mengakhiri dan menarik Operasi Barkhane, misi militernya untuk menyelamatkan ibu kota dari penjarahan para jihadis.

Saat ini diperintah oleh pemberontak militer yang mengecam Perancis, pihak berwenang telah meminta bantuan tentara bayaran Wagner Rusia untuk memperkuat kekuatan mereka.

Mengomentari perkembangan tersebut, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken baru-baru ini mengatakan: "Ke mana pun Wagner pergi, hal-hal buruk cenderung mengikuti.

“Ketika kita melihatnya bertindak, keamanannya tidak membaik. Sebaliknya, kita justru melihat keadaan menjadi lebih buruk, dan eksploitasi sumber daya, korupsi, kekerasan yang ditimbulkannya merupakan wabah penyakit bagi masyarakat di negara-negara tersebut. yang telah memilih untuk bekerja dengannya."

Meskipun sebagian besar negara Afrika seperti Afrika Selatan yang dipimpin oleh Presiden Cyril Ramaphosa, menahan diri untuk tidak memihak dalam perang Rusia di Ukraina, propaganda Moskow terbukti efektif dalam mempengaruhi penduduk setempat, sebuah fenomena yang juga dapat dilihat di Amerika Latin.

9. Eritrea

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengunjungi Eritrea pada Januari 2023, sebagai bagian dari tur Afrika yang dirancang untuk menggalang dukungan di negara tersebut.
hal-hal yang dapat dibujuk untuk mendukung Kremlin dibandingkan negara-negara Barat. Benua ini telah menjadi medan pertempuran diplomatik sejak perang Ukraina dimulai.

Eritrea adalah salah satu negara yang paling tertutup di dunia dan telah diperintah oleh tangan besi Presiden Isaias Afwerki sejak negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Ethiopia sejak tahun 1993. Tentara negara tersebut telah dituduh melakukan berbagai kekejaman terhadap warga sipil selama dua tahun yang brutal. perang tahun di wilayah Tigray paling utara di Ethiopia.

10. Myanmar

Di belahan dunia lain, junta militer Myanmar, yang menggulingkan pemerintahan yang dipilih secara demokratis dua tahun lalu, mendukung Rusia, yang dikatakan “bertindak untuk melindungi kedaulatannya,” dan memuji peran Rusia dalam “menyeimbangkan kekuatan global.”

Rusia adalah pemasok utama berbagai senjata ke Myanmar.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)