10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Senin, 01 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2022, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan negaranya akan membantu Rusia “mengatasi kesulitan, menghilangkan gangguan, mewujudkan tujuan strategis pembangunan, dan semakin mengukuhkan Rusia di panggung internasional.”

Namun hal ini sangat kontras dengan komentar juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning, yang menyerukan deeskalasi, dan menambahkan, “semua negara berhak dihormati atas kedaulatan dan integritas wilayahnya,” dan bahwa “dukungan harus diberikan pada semua upaya yang kondusif bagi perdamaian dan menyelesaikan krisis ini.”

Rusia telah berulang kali meminta senjata dari China, namun sejauh yang diketahui, Beijing menolak keras. Namun Tiongkok telah menyediakan peralatan tidak mematikan seperti jaket antipeluru dan helm, menurut sumber intelijen AS. Pada bulan Oktober 2023, Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengakui “pada dasarnya semua” drone sipil berasal dari Tiongkok.

Salah satu cara China mendukung Moskow adalah dengan meningkatkan impor minyak dan gas Rusia. Kedua negara juga memiliki hubungan ekonomi yang erat, yang ditegaskan kembali dengan kehadiran Putin di Forum Sabuk dan Jalan Chinapada bulan Oktober 2023, dimana presiden Rusia tersebut menyebut rekannya Xi sebagai “teman baik.”

Namun China tetap berhati-hati untuk berbuat lebih banyak jika mereka marah karena sanksi Barat yang melemahkan.

7. India

10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Foto/Reuters

India adalah negara lain yang mengambil sikap ambigu dan cara yang paling mendekati kritik terhadap Rusia adalah dalam pertemuan canggung yang disiarkan televisi pada bulan September 2022, ketika Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kepada Putin, “Saya tahu bahwa era saat ini bukanlah era perang, dan saya telah berbicara dengan Anda melalui telepon mengenai hal ini.”

Namun, sama seperti China, India telah meningkatkan impor gas dan minyak Rusia sejak Februari 2022, yang secara tidak langsung membantu membiayai militer Kremlin.

India juga abstain dalam pemungutan suara pada hampir setiap resolusi yang mengecam agresi Rusia di PBB.

Masyarakat umum di India tampaknya memiliki dukungan yang kuat terhadap Rusia, hal ini mungkin disebabkan oleh ketergantungan India pada perangkat keras militer Rusia saat ini dan kenangan akan Uni Soviet yang membantu India dalam Perang Kemerdekaan Bangladesh pada tahun 1971.

8. Mali

Mali baru-baru ini berayun tajam ke dalam orbit Kremlin setelah Prancis mengakhiri dan menarik Operasi Barkhane, misi militernya untuk menyelamatkan ibu kota dari penjarahan para jihadis.

Saat ini diperintah oleh pemberontak militer yang mengecam Perancis, pihak berwenang telah meminta bantuan tentara bayaran Wagner Rusia untuk memperkuat kekuatan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0808 seconds (0.1#10.140)