10 Negara yang Antre Jadi Sekutu Rusia

Senin, 01 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Mengomentari perkembangan tersebut, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken baru-baru ini mengatakan: "Ke mana pun Wagner pergi, hal-hal buruk cenderung mengikuti.

“Ketika kita melihatnya bertindak, keamanannya tidak membaik. Sebaliknya, kita justru melihat keadaan menjadi lebih buruk, dan eksploitasi sumber daya, korupsi, kekerasan yang ditimbulkannya merupakan wabah penyakit bagi masyarakat di negara-negara tersebut. yang telah memilih untuk bekerja dengannya."

Meskipun sebagian besar negara Afrika seperti Afrika Selatan yang dipimpin oleh Presiden Cyril Ramaphosa, menahan diri untuk tidak memihak dalam perang Rusia di Ukraina, propaganda Moskow terbukti efektif dalam mempengaruhi penduduk setempat, sebuah fenomena yang juga dapat dilihat di Amerika Latin.

9. Eritrea

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengunjungi Eritrea pada Januari 2023, sebagai bagian dari tur Afrika yang dirancang untuk menggalang dukungan di negara tersebut.
hal-hal yang dapat dibujuk untuk mendukung Kremlin dibandingkan negara-negara Barat. Benua ini telah menjadi medan pertempuran diplomatik sejak perang Ukraina dimulai.

Eritrea adalah salah satu negara yang paling tertutup di dunia dan telah diperintah oleh tangan besi Presiden Isaias Afwerki sejak negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Ethiopia sejak tahun 1993. Tentara negara tersebut telah dituduh melakukan berbagai kekejaman terhadap warga sipil selama dua tahun yang brutal. perang tahun di wilayah Tigray paling utara di Ethiopia.

10. Myanmar

Di belahan dunia lain, junta militer Myanmar, yang menggulingkan pemerintahan yang dipilih secara demokratis dua tahun lalu, mendukung Rusia, yang dikatakan “bertindak untuk melindungi kedaulatannya,” dan memuji peran Rusia dalam “menyeimbangkan kekuatan global.”

Rusia adalah pemasok utama berbagai senjata ke Myanmar.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)