Ramadan di Gaza: Makanan Langka namun Kesedihan Berlimpah

Selasa, 26 Maret 2024 - 18:01 WIB
loading...
A A A
Kehancurannya telah melampaui lanskap visual. Suasana malam Ramadan yang dulu dipenuhi salat Tarawih di masjid dan pengajian, tergantikan oleh suara ledakan bom Israel.

Aroma yang memenuhi jalan-jalan dan toko-toko di Gaza kini tinggal kenangan. Pasar yang ramai, seperti al-Zawya, pasar tertua di Gaza, dipenuhi dengan ember berisi acar asam dan buah zaitun, karton berisi berbagai kurma, piramida rempah-rempah, buah-buahan kering, selai, dan makanan berwarna-warni lainnya. Semuanya telah menjadi reruntuhan.

Tradisi di Bulan Ramadan


“Ketika saya masih muda, saya biasa melewati gang-gang sempit dan sempit di kamp pengungsi Deir al-Balah dalam perjalanan pulang dari sekolah,” ungkap Ghada Alhaddad.

Udara dipenuhi suara perempuan-perempuan yang sedang memasak, diiringi gemerincing sendok dan peralatan memasak. Setiap rumah mengeluarkan aroma berbeda yang unik untuk makanan yang disiapkan di dalamnya.

“Sahabatku, Hamda, yang baru-baru ini terbunuh secara tragis dalam serangan udara di rumahnya bersama suaminya, dapat mengidentifikasi hidangan berdasarkan aroma yang dikeluarkan setiap rumah selama persiapan, saat kami berjalan bersama menuju rumah kami. Saya menghargai waktu menjelang matahari terbenam dan salat Maghrib,” tutur dia.

Dia menjelaskan, “Ketika hari pertama Ramadan tiba, banyak dari kita yang tidak pernah memikirkan apa yang harus dimasak untuk berbuka puasa, karena jawabannya sudah jelas: molokhia. Sup kental dan beraroma ini, terbuat dari daun tanaman rami mallow, selalu menjadi ‘pembuka’ makanan tradisional Ramadan di Gaza.”

“Seperti ibu dan nenek Palestina lainnya, ibu saya percaya bahwa warna hijau cerah molokhia menanamkan optimisme dan membawa rejeki di bulan tersebut,” ujar dia.

Tahun ini berbeda. “Kami tidak lagi mempunyai banyak pilihan dalam hal makanan. Sebaliknya, kami hanya mengandalkan beberapa kaleng makanan yang diterima dalam paket bantuan,” ungkap dia.

“Meskipun sebagian besar orang yang berpuasa di seluruh dunia mungkin mengalami sakit kepala dan kelelahan karena kekurangan makanan dan kafein, tahun ini kami tidak merasakan kelelahan sejak hari pertama Ramadan karena kami telah mengalami kekurangan makanan dan kekurangan kebutuhan pokok selama berbulan-bulan,” papar dia.

Saat ini, masyarakat Gaza berpuasa saat berbuka puasa bukan karena pilihan, namun karena kekurangan makanan dan air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)