alexametrics

Reaksi Dunia soal Konfirmasi Saudi atas Pembunuhan Khashoggi

loading...
Reaksi Dunia soal Konfirmasi Saudi atas Pembunuhan Khashoggi
Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi pengkritik rezim kerajaan dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul. Saudi mengonfirmasi bahwa dia tewas usai berkelahi dengan sejumlah orang di konsulat. Foto/REUTERS
A+ A-
JAKARTA - Setelah berminggu-minggu menyangkal, Arab Saudi untuk pertama kalinya mengonfirmasi bahwa jurnalis pengkritik kerajaan, Jamal Khashoggi, terbunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul Turki.

Kerajaan Saudi mengklaim jurnalis dan kolumnis Washington Post meninggal setelah terlibat perkelahian di dalam gedung konsulat dan 18 warga Saudi ditangkap atas pembunuhan itu.

Khashoggi, seorang kritikus Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman, hilang pada 2 Oktober setelah memasuki konsulat di Istanbul untuk mendapatkan dokumen yang diperlukan untuk pernikahannya yang akan datang.

Para pejabat Saudi sebelumnya membantah Khashoggi telah dibunuh dan dimutilasi di kantor misi diplomatik tersebut. Mereka bahkan bersikeras Khashoggi telah meninggalkan konsulat dalam kondis masih hidup.

Konfirmasi Riyadh atas kematian wartawan Arab Saudi itu memicu reaksi sejumlah negara, politisi dan kelompok HAM. Berikut raksi internasional tersebut;   



Amnnesty International

Amnesty International mendesak Saudi menunjukkan jasad Khashoggi sehingga ahli forensik independen dapat melakukan autopsi sesuai dengan standar internasional.

Samah Hadid, Direktur Amnesty International untuk Timur Tengah mengatakan bahwa peristiwa versi Saudi tidak dapat dipercaya. Menurutnya, penyelidikan yang dipimpin oleh PBB diperlukan untuk menghindari tindakan Saudi menutupi keadaan seputar  pembunuhan jurnalis tersebut.

Turan Kislakci, Presiden Asosiasi Media Arab Turki, mengatakan otoritas yang memberi perintah untuk membunuh Khashoggi harus dihukum

Spanyol

Pemerintah Spanyol kecewa dengan informasi dari Riyadh tentang kematian Khashoggi. Madrid menggemakan seruan dari PBB untuk penyelidikan menyeluruh dan transparan guna membawa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu ke pengadilan.

"Pemerintah Spanyol kecewa dengan laporan awal dari jaksa Saudi tentang kematian wartawan Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, dan menawarkan belasungkawa yang paling tulus kepada keluarganya," kata pemerintah Spanyol dalam sebuah pernyataan.

Partai Berkuasa Turki

Wakil Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Turki, Nurman Kurtulmus, mengatakan Turki akan tidak pernah membiarkan kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul ditutup-tutupi.
halaman ke-1 dari 4
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak