Tunangan Khashoggi Peringatkan Biden: Jangan Letakkan Minyak di Atas Prinsip

Sabtu, 18 Juni 2022 - 00:15 WIB
loading...
Tunangan Khashoggi Peringatkan Biden: Jangan Letakkan Minyak di Atas Prinsip
Tunangan jurnalis yang terbunuh Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz. Foto/anadolu
A A A
ANKARA - Tunangan jurnalis yang terbunuh Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz, mengecam rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS).

Intelijen AS menyebut MBS mengizinkan pembunuhan itu pada 2018. Kasus ini memicu ketegangan antara Biden dan MBS.

"Tuan Biden, Anda akan segera mengunjungi Arab Saudi sebagai presiden, di mana Anda akan bertemu dengan eksekutor Jamal yang tidak berperasaan, menghina diri sendiri dan Jamal dengan bertemu MBS," ujar Hatice Cengiz dalam pesan video yang diposting Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang (DAWN), lembaga nonprofit Khashoggi yang didirikan pada 2018.



"Tuan Presiden, saya mohon Anda tidak kehilangan otoritas moral Anda atau mengabaikan kejahatan keji ini," papar Cengiz dalam pesannya.



Dia menambahkan, "Anda harus menjunjung tinggi peran Anda untuk membawa semua pelaku kejahatan brutal ini ke pengadilan."

"Seperti saya, Anda sangat tahu kesedihan, rasa sakit, dan kesedihan," lanjut Cengiz, mengacu pada kecelakaan mobil tahun 1972 yang menewaskan istri pertama dan bayi perempuan Biden.

"Kamu mengerti bagaimana sangat, sangat sulit untuk pulih ... Tapi tidak seperti kehilanganmu, orang yang aku cintai dibunuh secara brutal, dan aku dipaksa untuk hidup di dunia di mana pembunuhnya tidak hanya tidak dihukum, tetapi juga diberi hadiah," ungkap dia.

"Meski mengecewakan seperti ini," lanjut Cengiz, "jika Anda harus meletakkan minyak di atas prinsip, dan kemanfaatan di atas nilai, bisakah Anda setidaknya bertanya, 'Di mana tubuh Jamal? Tidakkah dia pantas dimakamkan? Dan apa yang terjadi pada para pembunuhnya?'"
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)