PBB: Pangeran Mahkota Saudi Tersangka Utama Pembunuhan Khashoggi

Senin, 13 Juli 2020 - 07:22 WIB
loading...
PBB: Pangeran Mahkota Saudi Tersangka Utama Pembunuhan Khashoggi
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman. Foto/Anadolu Agency
A A A
JENEWA - Seorang pejabat PBB mengatakan Putra atau Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman ( MBS ) adalah tersangka utama dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul pada tahun 2018.

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency, Pelapor Khusus PBB untuk Eksekusi Ekstrayudisial dan Sewenang-wenang; Agnes Callamard, mengatakan meskipun dia tidak memiliki bukti terhadap MBS, tetapi dalam hal memerintahkan dan menghasut pembunuhan, dia adalah tersangka utama.

"Begini, saya pikir dia adalah tersangka utama dalam hal menentukan siapa yang memerintahkan atau yang menghasut pembunuhan. Dia ada dalam gambar. Secara pribadi, saya tidak memiliki bukti yang menunjuk kepadanya sebagai telah memerintahkan kejahatan," kata Callamard, yang juga seorang pengacara hak asasi manusia terkenal.

Dia mengatakan bahwa bukti tidak langsung menunjukkan bahwa kejahatan seperti itu tidak mungkin terjadi tanpa kontribusi MBS.

"Saya percaya bahwa menurut informasi yang diberikan lebih dari setahun yang lalu, CIA (Badan Intelijen Pusat) mungkin memiliki informasi ini," katanya, yang dilansir Minggu (12/7/2020). (Baca: Turki Adili 20 Warga Saudi Pembunuh Khashoggi Termasuk 2 Eks Ajudan MBS )

Dia mencatat bahwa persidangan Turki sedang digelar secara in absentia karena semua orang tahu bahwa Arab Saudi tidak akan membiarkan para terdakwa menghadapi persidangan di Turki.

"Namun demikian, saya pikir ini penting. Saya ingin mencatat bahwa para terdakwa diwakili, bahwa mereka telah ditugaskan sebagai pengacara yang ditugaskan negara," katanya.

Callamard menggambarkan persidangan di Turki lebih adil daripada yang dilakukan di Arab Saudi.

Pengadilan Turki pada 3 Juli memulai persidangan kasus tersebut, dengan mendaftarkan 20 warga negara Saudi sebagai tersangka dalam pembunuhan Khashoggi tahun 2018.

Dia terbunuh dan dimutilasi oleh sekelompok alogjo Saudi dalam sebuah operasi tak lama setelah dia memasuki Konsulat Saudi di Istanbul. Sisa-sisa jasadnya tidak pernah ditemukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)