Istri Khashoggi Desak Turki Serahkan Bukti Pembunuhan Suaminya

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:01 WIB
loading...
Istri Khashoggi Desak Turki Serahkan Bukti Pembunuhan Suaminya
Hanan El Khashoggi bersama suaminya Jamal Khashoggi. Foto/ElatrMona/Twitter
A A A
RIYADH - Istri jurnalis Arab Saudi, Hanan El Khashoggi, menelepon Turki untuk memintanya menyerahkan lebih banyak bukti tentang pembunuhan suaminya.

Istri Jamal Khashoggi menulis artikel untuk surat kabar Guardian, saat peringatan pembunuhan Jamal Khashoggi.

“Pemerintah Turki sudah jelas bahwa mereka tidak bermaksud melanjutkan penyelidikan pembunuhan suami saya, atau persidangan. Oleh karena itu, pemerintah Turki harus menyerahkan semua bukti yang masih ada di tangannya kepada saya. Sebagai satu-satunya istri Jamal atas kematiannya, saya ingin semua pihak bertanggung jawab atas pembunuhan suami saya, termasuk pemerintah Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Grup NSO," ungkap dia.



Dia juga meminta Intelijen Amerika Serikat (AS) untuk membantu mengambil ponselnya untuk melihat apakah itu terinfeksi spyware sebagai upaya mengungkap rincian lebih lanjut tentang pembunuhannya.

Dalam artikel tersebut, dia juga menulis tentang proses investigasi PBB dengan mengatakan, "Dr Agns Callamard, mantan Pelapor Khusus PBB yang menyelidiki pembunuhan suami saya, meminta perangkatnya dan diberitahu otoritas Turki bahwa mereka memegang telepon dan komputer Jamal sebagai bagian dari penyelidikan mereka dan pemeriksaan perangkat itu sedang berlangsung."

Kolomnis Washington Post, Khashoggi, dibunuh agen Saudi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, ketika dia mengunjungi gedung itu untuk mengurus surat nikahnya pada tahun 2018.

Khashoggi saat itu bertunangan dengan wanita Turki Hatice Cengiz.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)