Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?

Senin, 25 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
“Keterlibatan Rusia dalam perang global melawan ISIS dan afiliasinya, terutama melalui operasi militernya di Suriah dan upayanya menjalin hubungan dengan Taliban Afghanistan – saingan ISIS-K – menandai Rusia sebagai musuh utama ISIS/ISIS-K,” kata Jadoon kepada Al Jazeera.

Jika serangan Moskow “secara pasti dikaitkan” dengan ISKP, kata Jadoon, kelompok tersebut berharap mendapatkan dukungan dan memajukan “tujuannya untuk berkembang menjadi organisasi teroris dengan pengaruh global” dengan menunjukkan bahwa mereka dapat melancarkan serangan di wilayah Rusia.

“ISK [ISKP] secara konsisten menunjukkan ambisinya untuk berkembang menjadi entitas regional yang tangguh… Dengan mengarahkan agresinya terhadap negara-negara seperti Iran dan Rusia, ISK tidak hanya menghadapi negara-negara kelas berat di kawasan tetapi juga menggarisbawahi relevansi politik dan jangkauan operasionalnya di panggung global. kata Jadoon.

Kabir Taneja, peneliti di Program Studi Strategis dari Observer Research Foundation – sebuah wadah pemikir yang berbasis di New Delhi, India – mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Rusia dipandang oleh ISIS dan afiliasinya sebagai “kekuatan salib melawan Muslim”.

“Rusia telah menjadi target ISIS dan bukan hanya ISKP sejak awal,” kata Taneja, penulis buku The ISIS Peril.

“ISKP menyerang kedutaan Rusia di Kabul pada tahun 2022, dan selama berbulan-bulan, badan keamanan Rusia telah meningkatkan upaya mereka untuk menekan ekosistem pro-ISIS baik di Rusia maupun di sekitar perbatasannya, khususnya di Asia Tengah dan Kaukus,” dia dikatakan.

Pada awal Maret, Dinas Keamanan Federal Rusia, yang lebih dikenal sebagai FSB, mengatakan pihaknya telah menggagalkan rencana ISIS untuk menyerang sinagoga di Moskow.

“Motivasi paling kuat saat ini bagi ISIS-K untuk menyerang Rusia adalah faktor Taliban. Taliban adalah saingan berat ISIS, dan ISIS memandang Rusia sebagai teman Taliban,” kata Kugelman.

4. Rusia Memiliki Hubungan dengan Israel

Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?

Foto/Reuters

"Hubungan dekat Moskow dengan Israel juga merupakan kutukan terhadap ideologi ISIS," kata Taneja.

“Jadi gesekan ini bukanlah hal baru secara ideologis, namun secara taktis,” katanya kepada Al Jazeera.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)