Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?

Senin, 25 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?
ISIS-Khorasan sengaja menarget Rusia dengan melakukan serangan teror mematikan. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Lebih dari 137 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka menyusul seranganmematika terhadap penonton konser di Balai Kota Crocus Moskow sebelum pertunjukan band rock era Soviet pada hari Jumat lalu.

Para penyerang yang mengenakan seragam kamuflase melepaskan tembakan dan dilaporkan melemparkan alat peledak ke dalam tempat konser, yang dibiarkan terbakar dan atapnya runtuh setelah serangan mematikan tersebut.

Sebelas orang telah ditahan, termasuk empat orang yang terlibat langsung dalam serangan bersenjata tersebut, kantor berita Rusia Interfax melaporkan pada hari Sabtu.

Cabang ISIS di Afghanistan – juga dikenal sebagai Negara Islam di Provinsi Khorasan, ISKP (ISIS-Khorasan) – telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan para pejabat Amerika Serikat telah mengkonfirmasi keaslian klaim tersebut.

Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?

1. Cabang ISIS Paling Kuat di Dunia Adalah ISIS-Khorasan

Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, kelompok ini tetap menjadi salah satu afiliasi ISIS yang paling aktif dan mengambil gelarnya dari kekhalifahan kuno di wilayah yang pernah mencakup wilayah Afghanistan, Iran, Pakistan, dan Turkmenistan.

Kelompok ini muncul dari Afghanistan timur pada akhir tahun 2014 dan terdiri dari pejuang Taliban Pakistan yang memisahkan diri dan pejuang lokal yang berjanji setia kepada mendiang pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi.

Kelompok ini sejak itu mempunyai reputasi yang menakutkan karena tindakan brutalnya.

Murat Aslan, seorang analis militer dan mantan kolonel tentara Turki, mengatakan afiliasi ISIS di Afghanistan dikenal karena “metodologinya yang radikal dan keras”.

“Saya pikir ideologi mereka menginspirasi mereka dalam memilih target. Pertama-tama, Rusia berada di Suriah dan berperang melawan Daesh (ISIS) seperti Amerika Serikat. Itu berarti mereka melihat negara-negara seperti itu sebagai negara yang bermusuhan,” kata Aslan kepada Al Jazeera.

“Mereka sekarang berada di Moskow. Sebelumnya mereka terjadi di Iran, dan kita akan melihat lebih banyak serangan, mungkin di ibu kota lain,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)