Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?

Senin, 25 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Ada faktor lain juga: Kelompok bersenjata yang jauh dari perhatian dunia telah berkumpul kembali menjadi kekuatan yang tangguh setelah mengalami kemunduran di Suriah dan Iran.

“ISKP di Afghanistan telah berkembang kekuatannya secara signifikan… dan bukan hanya ISKP, ISIS di wilayah operasi aslinya, Suriah dan Irak, juga mengalami peningkatan dalam kemampuan operasionalnya,” kata Taneja. Saat ini, tambahnya, mereka “secara ideologis kuat meskipun tidak secara politis, taktis atau strategis… lebih kuat lagi”.

“Bagaimana cara mengatasi hal ini adalah pertanyaan besar di saat persaingan negara-negara besar dan gejolak geopolitik global telah menempatkan kontraterorisme di posisi belakang,” tambah Taneja.

5. ISIS Kembali ke Panggung Global

Bagaimana ISIS-Khorasan Menarget Rusia?

Foto/Reuters

Saluran media sosial ISKP “bergembira” menyusul serangan di Moskow, kata Abdul Basit, rekan senior di S Rajaratnam School of International Studies, Singapura.

“Mereka merayakan serangan itu,” kata Basit kepada Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa para pendukungnya “menerjemahkan dan menyebarkan kembali klaim tanggung jawab” yang dikeluarkan oleh Kantor Berita Amaq yang terkait dengan ISIS.

Basit mengatakan bahwa metode operasi ISIS melibatkan penguatan kampanye propaganda sebelum serangan skala besar dan hal ini telah diamati dalam pesan-pesan anti-Rusia baru-baru ini. Serangan semacam itu “menambah kredibilitas” kelompok bersenjata, jelas Basit, yang kemudian “meningkatkan cakupan pendanaan, perekrutan dan propaganda mereka”.

Lebih banyak serangan mungkin terjadi di Rusia dan negara lain, tambahnya, mengingat peran penting yang dimainkan oleh rekrutan ISIS yang berasal dari Asia Tengah – khususnya Tajik – ketika kelompok tersebut menguasai wilayah di Suriah. Mereka kini telah kembali ke kawasan Asia Tengah dan niat mereka untuk melakukan serangan kini telah terwujud, kata Basit.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)