7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Minggu, 17 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Negara kepulauan ini sudah hampir memiliki gunung berapi aktif sebanyak Jepang.

Papua Nugini (PNG) sedikit lebih besar dari negara bagian California, kecuali di sini, Anda akan menemukan 94 gunung berapi aktif, termasuk “Gunung Berapi Dekade”.

Sama seperti Indonesia dan Jepang, Papua Nugini berada di Cincin Api Pasifik. Hal ini masuk akal karena PNG berbagi pulau dengan Indonesia.

Jadi apa itu Gunung Berapi Dekade?

Asosiasi Internasional Vulkanologi dan Kimia Interior Bumi telah mengidentifikasi 16 gunung berapi untuk penelitian intensif karena sejarah letusan eksplosifnya di dekat kawasan berpenduduk.

Dinamakan “Gunung Berapi Dekade” karena proyek ini dibuat pada tahun 1990-an oleh PBB untuk meningkatkan kesadaran akan bencana alam.

5. Ethiopia

Ahli vulkanologi, David Pyle mengatakan, “celah Ethiopia menampung hampir 60 gunung berapi yang diperkirakan telah meletus dalam 10.000 tahun terakhir.” Menjadikan Ethiopia negara paling aktif secara geologis ke-5 di dunia.

Dari seluruh gunung berapi di Bumi, hanya 7 yang memiliki danau lava aktif. Erta Ale di Ethiopia sebenarnya memiliki dua danau lava, salah satunya telah aktif selama lebih dari satu abad.

6. Filipina

7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Foto/Reuters

Filipina memiliki total 53 gunung berapi aktif dan negara ini diberkati dengan jumlah gunung berapi yang sangat besar karena lokasinya di Cincin Api Pasifik.

Gunung berapi di negara ini terkadang menduduki peringkat tidak hanya paling mematikan, tapi juga paling mahal di dunia.

Secara statistik, letusan bersejarah yang mencakup gunung berapi Mayon dan Taal telah mengakibatkan korban jiwa yang serius, dan sebanyak 22% letusannya telah menyebabkan kerusakan besar pada negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)