7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Minggu, 17 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Menurut para ahli, sekitar 40 gunung mungkin akan mulai meletus di masa depan. Chili memiliki rangkaian gunung berapi teraktif kedua, setelah Indonesia.

Di negara ini, menemukan Llaima dan Villarica, dua gunung berapi paling aktif di Amerika Latin.

Negara ini terletak di antara Nazca (lempeng tektonik samudera yang terletak di cekungan Samudra Pasifik bagian timur) dan Lempeng Tektonik Amerika Selatan. Lempeng-lempeng tersebut bergeser perlahan akibat aliran magma panas. Lempeng-lempeng tersebut saling menjauh atau saling bertabrakan, dan pergerakan bawah tanah ini menyebabkan gunung berapi.

Letusan gunung berapi terbaru di Cile terjadi di dekat Puerto Montt, pada bulan April 2015 di mana Gunung Berapi Calbuco meledak dan memuntahkan abu dalam jumlah besar yang menyebar ke Argentina. Letusan terjadi dalam tiga fase dan puing-puing dari aktivitas tersebut mendarat dan menumpuk hingga kedalaman 2 kaki di beberapa daerah dan ribuan orang dievakuasi dari daerah tersebut. Ini adalah pertama kalinya gunung berapi tersebut meletus dalam empat dekade terakhir.

Di manakah gunung berapi aktif tertinggi di dunia?

Ojos del Salado di perbatasan Cile dan Argentina adalah gunung berapi aktif tertinggi di dunia dengan ketinggian 22.614 kaki (6.893 m), yang juga merupakan puncak tertinggi di Chili.

3. Jepang

7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Foto/Reuters

Gunung tertinggi di Jepang disebut Gunung Fujiyama, yang merupakan gunung berapi “aktif” yang lebih terkenal dengan nama Gunung Fuji, yang terakhir meletus pada tahun 1707.

Jepang sendiri memiliki hampir 1/10 dari seluruh gunung berapi aktif di dunia, dengan 108 di antaranya saat ini aktif, lebih banyak dibandingkan negara mana pun kecuali Indonesia dan Chile.

Gunung berapi ini termasuk dalam Cincin Api Pasifik, rangkaian gunung berapi yang ditemukan di seluruh Samudera Pasifik dan salah satu kawasan paling aktif secara geologis di planet kita.

4. Papua Nugini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)