7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Minggu, 17 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya
Banyak negara di dunia memiliki gunung berapi yang aktif. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Bumi mempunyai 1.500 gunung berapi yang berpotensi aktif, tidak termasuk gunung berapi di dasar laut yang pusat penyebarannya seperti Punggung Bukit Atlantik Tengah, yaitu barisan pegunungan besar di dasar Samudera Atlantik.

Ya, mungkin terdapat lebih banyak gunung berapi di lautan daripada di permukaan bumi, dan para ahli memperkirakan jumlah gunung berapi tersebut ada sekitar 10.000.

Ada negara-negara yang memiliki peringkat sangat tinggi dalam jumlah gunung berapi yang ada di dalam perbatasannya di seluruh dunia dan negara-negara lain dalam jumlah total gunung berapi aktif, dan artikel ini hadir untuk menjelaskan kepada Anda mengenai fakta-fakta tersebut, sembari kita menjelajahi beberapa di antaranya. tempat paling ganas di muka bumi.

7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif

1. Indonesia

7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Foto/Reuters

Melansir pedalchile, Indonesia memiliki begitu banyak gunung berapi aktif sehingga para ahli menyatakan bahwa lebih dari 197 juta orang Indonesia tinggal dalam jarak 100 km dari gunung berapi, dan 9 juta di antaranya berada dalam jarak hanya 10 kilometer.

Indonesia mempunyai jumlah gunung berapi aktif terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat di dunia yang terletak di Cincin Api Pasifik. Ini adalah wilayah berbentuk tapal kuda sepanjang 25.000 mil (40.000 km) yang berbatasan dengan Samudra Pasifik, tempat terjadinya benturan lempeng tektonik yang tak terhitung jumlahnya.

Indonesia mempunyai 147 gunung berapi, 129 diantaranya masih aktif. Mereka tersebar di pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Sunda Kecil, dan Sulawesi.

Mengapa Indonesia mempunyai banyak gunung berapi?

Secara tektonik, gunung berapi aktif merupakan hasil tumbukan antara 3 lempeng tektonik primer: yakni lempeng Eurasia bergerak ke selatan, lempeng India-Australia bergerak ke utara dan lempeng Filipina bergerak ke barat.


2. Cile

7 Negara yang Memiliki Gunung Berapi Paling Aktif, Indonesia Juaranya

Foto/Reuters

Cile adalah rumah bagi lebih dari 2.000 gunung berapi, 60 di antaranya telah meletus selama 450 tahun terakhir, dan menurut Program Vulkanisme Global, terdapat 122 gunung berapi aktif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)