5 Keunggulan Sistem Pertahanan Laser DragonFire, Salah Satunya Murah Meriah Hanya Rp200 Ribu per Tembakan

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:33 WIB
loading...
A A A
"DragonFire dapat membantu mengubah perhitungan tersebut kembali menguntungkan Inggris," kata Black.

“Jenis persenjataan mutakhir ini berpotensi merevolusi ruang pertempuran dengan mengurangi ketergantungan pada amunisi mahal,” kata Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapp pada bulan Januari setelah uji coba DragonFire.


4. Terkendala Hujan, Kabut dan Asap

Namun Black dan yang lainnya mencatat bahwa laser seperti DragonFire masih belum terbukti di medan perang dan akan memiliki keterbatasan.

Menulis untuk The Conversation bulan lalu, Iain Boyd, direktur Pusat Inisiatif Keamanan Nasional di Universitas Colorado, menyebutkan beberapa masalah dengan laser.

Hujan, kabut, dan asap menghamburkan berkas cahaya dan mengurangi efektivitas; senjata laser melepaskan banyak panas sehingga memerlukan sistem pendingin yang besar; laser seluler, yang dipasang di kapal atau pesawat terbang, memerlukan pengisian ulang baterai; dan laser harus tetap terkunci pada target bergerak hingga 10 detik untuk membuat lubang di dalamnya, kata Boyd.

Efektor laser HELMA-P merupakan respons terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh UAV dan khususnya UAV mini. Misinya adalah untuk mengamankan operasi di wilayah nasional selama terjadinya peristiwa dan untuk mendukung operasi eksternal dengan mengidentifikasi, melacak dan menetralisir ancaman yang tetap atau ancaman yang lincah.

Pada tahun 2014, Angkatan Laut berhasil menguji dan mengerahkan sistem senjata laser di USS Ponce di Teluk Persia.

Sistem ini mampu menyerang drone, pesawat kecil, dan perahu kecil. Pada tahun 2020 dan 2021, Angkatan Laut menguji sistem laser yang lebih canggih di USS Portland.

Pada tahun 2022, sistem laser dipasang pada kapal perusak berpeluru kendali USS Preble. Sistem tersebut masih menjalani pengujian, kata Laksamana Muda Fred Pyle, direktur Divisi Perang Permukaan Angkatan Laut, pada simposium bulan Januari, menurut Breaking Defense.

Kapal penjelajah berpeluru kendali kelas Ticonderoga USS Antietam (CG 54) menembakkan Phalanx Close-In Weapon System (CIWS) selama latihan tembak-menembak, Laut Filipina, pada 6 Juni 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)