Eks Jenderal Zionis Sebut Perang Israel-Hamas Berakhir 2 Bulan Lalu, Apa Maksudnya?

Kamis, 07 Maret 2024 - 11:11 WIB
loading...
Eks Jenderal Zionis Sebut Perang Israel-Hamas Berakhir 2 Bulan Lalu, Apa Maksudnya?
Israel Ziv, pensiunan jenderal Zionis, sebut perang Israel-Hamas sebenarnya sudah berakhir dua bulan lalu. Foto/IDF
A A A
TEL AVIV - Surat kabar The Wall Street Journal baru-baru ini melaporkan bahwa menurut para pejabat senior Mesir, kesepakatan pembebasan sandera antara Israel dan Hamas dapat dicapai sebelum dimulainya Ramadan.

Belakangan, dilaporkan bahwa Israel memutuskan untuk tidak mengirim siapa pun untuk melanjutkan pembicaraan di Kairo setelah Hamas menolak memasukkan daftar sandera yang masih hidup.

Mayor Jenderal (Purn) Israel Ziv, mantan kepala Direktorat Operasi Pasukan Pertahanan Israel, pagi ini berbicara dengan Udi Segal dan Tal Shalev di 103FM dan membahas masalah ini.

“Saya pikir adalah suatu kesalahan untuk tidak mengirimkan delegasi Israel karena tidak mengirimkan delegasi pada dasarnya adalah semacam protes atau keberatan terhadap sesuatu, dan tidak jelas bagi saya kepada siapa kami memprotes,” kata Ziv di awal percakapan.



“Ini bukan pertama kalinya kami melakukannya. Jika kami melakukannya untuk melawan Hamas, kami hanya memperkuat kekuatan mereka. Israel berperilaku seperti anak kecil yang bersikap kontradiktif; kami hanya memberi mereka lebih banyak kekuatan. Jika itu terhadap mediator yang mencoba membantu, pada akhirnya mereka akan bosan dengan ini. Ini masalah kita," paparnya.

"Tidak ada seorang pun yang peduli dengan penjelasan internal kami tentang alasan kami benar. Israel tidak mengangkat masalah ini (daftar sandera) pada awalnya, jadi meskipun itu benar, jangan mengungkitnya setelah kejadian tersebut terjadi," ujarnya, seperti dikutip Jerusalem Post, Kamis (7/3/2024).

"Kedua, jauh lebih penting bagi kami untuk menunjukkan niat baik terhadap mereka yang terus melakukan upaya atas nama kami, terlepas dari apakah akan ada kesepakatan atau tidak. Israel perlu menunjukkan, demi opini publiknya, bahwa ia melakukan segalanya agar hal ini terjadi," lanjut pensiunan jenderal Zionis tersebut.

"Anda bertanya kepada saya apakah hal itu akan terjadi? Saya lebih skeptis. Saya selalu skeptis sampai sesuatu terjadi karena saya tidak yakin siapa yang harus memberikan jawaban di sisi lain sisinya benar-benar berfungsi."

Dalam perbincangan tersebut, Ziv menguraikan doktrinnya mengenai pertempuran yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)