7 Dilema Suksesi Ayatollah Khamenei yang Membayangi Pemilu Iran

Minggu, 03 Maret 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
“Pemilihan Majelis Ahli tahun ini berlangsung di bawah bayang-bayang suksesi kepemimpinan yang akan datang setelah Ayatollah Khamenei”

3. Mencari Pemimpin Tertinggi Kedua

7 Dilema Suksesi Ayatollah Khamenei yang Membayangi Pemilu Iran

Foto/Reuters

Transisi yang akan datang ini hanya akan menjadi pergantian Pemimpin Tertinggi yang kedua sejak berdirinya Republik Islam pada tahun 1979.

Meskipun naiknya Ruhollah Khomeini ke tampuk kepemimpinan sudah ditentukan sebelumnya oleh peran sentralnya dalam menggulingkan rezim Shah dan mendorong revolusi, namun kenaikan Khamenei ke posisi Pemimpin Tertinggi lebih rumit.

Beberapa lembaga keagamaan di negara tersebut pada awalnya menentang kepemimpinannya karena kurangnya kualifikasi agama yang memadai. Majelis Ahli mengubah konstitusi negara untuk mengakomodasi Khamenei karena tidak mengizinkan siapa pun yang bukan Ayatollah atau Marja, otoritas agama tertinggi, untuk menjadi Pemimpin Tertinggi.

Bahkan Khamenei sendiri, pada saat itu, hanya memandang dirinya sebagai “pengurus” Pemimpin Tertinggi sampai muncul kandidat yang lebih berkualitas. Dia kemudian menjadi salah satu penguasa yang paling lama menjabat di wilayah tersebut.

4. Hanya Sekadar Panti Jompo

Saat ini, kekuasaan ulama Syiah di negara tersebut lebih kecil dibandingkan masa lalu. Mereka disalahkan atas banyak kesulitan yang dihadapi negara ini. Sebaliknya, IRGC-lah yang memegang sebagian besar kartu tersebut.

“Garda Revolusi memandang Majelis Ahli sebagai sebuah panti jompo, yang anggotanya akan cukup bijaksana untuk memilih calon penerus Garda Revolusi setelah Khamenei. Lagi pula, jika Garda Revolusi menarik dukungannya dari ulama Syiah, yang dianggap masyarakat sebagai penyebab semua penyakit di Iran, mereka akan kehilangan akal sehatnya,” kata Alfoneh kepada TNA.

5. Garda Revolusi Ikut Memainkan Peran

7 Dilema Suksesi Ayatollah Khamenei yang Membayangi Pemilu Iran

Foto/Reuters

Bagi Ali Vaez, Direktur Proyek Iran di International Crisis Group (ICG), pekerjaan IRGC untuk memastikan kandidat pilihannya mengambil posisi Pemimpin Tertinggi kemungkinan telah dimulai.

“IRGC kemungkinan akan merekayasa proses suksesi melalui jabatan pemimpin saat ini, sehingga deep state dapat mempertahankan kepentingan ekonomi dan politiknya di era pasca-Khamenei,” katanya kepada The New Arab.

“Pemimpin berikutnya kemungkinan besar tidak akan menjadi pemimpin ‘tertinggi’ karena kemungkinan besar dia akan tunduk pada IRGC. Dengan demikian, Iran akan terlihat seperti Pakistan atau Mesir, di mana militer adalah kekuatan sesungguhnya di balik tabir.”

Dia mengatakan mereka kemungkinan besar akan mencoba mengangkat Pemimpin Tertinggi yang tidak mampu memperoleh terlalu banyak pengaruh independen. “Pengganti Ayatollah Khamenei kemungkinan besar terlalu tua atau terlalu muda sehingga ia harus bergantung pada deep state yang ada untuk diperintah.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)