Militer AS Siapkan Bantuan Makanan ke Gaza via Udara

Sabtu, 02 Maret 2024 - 15:41 WIB
loading...
A A A


“Dapat dikatakan bahwa situasi di Gaza sekarang sangat buruk sehingga pasokan tambahan apa pun setidaknya akan meringankan beberapa penderitaan. Tapi ini hanya tindakan sementara,” tambah Gowan.

Di bawah tekanan dari dalam dan luar negeri, pejabat AS lainnya mengatakan pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan pengiriman bantuan melalui laut dari Siprus, sekitar 210 mil laut di lepas pantai Mediterania Gaza.

Di Gedung Putih, Kirby mengakui bahwa pengiriman bantuan udara ke Gaza “sangat sulit” karena padatnya populasi dan konflik yang sedang berlangsung.

AS selama berbulan-bulan telah menyerukan agar Israel mengizinkan lebih banyak bantuan ke Gaza, namun hal ini ditentang oleh Israel.

Kirby mencatat bahwa Israel telah mencoba mengirimkan pasokan ke Gaza melalui udara dan mendukung bantuan yang dijatuhkan oleh AS.

“Kami mengetahui adanya bantuan kemanusiaan dari udara,” kata seorang pejabat Israel di Washington.

Pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, tidak menjawab pertanyaan apakah AS telah meminta persetujuan Israel sebelumnya mengenai perjanjian tersebut.

Pengumuman Biden tentang bantuan baru ke Gaza dirusak oleh kesalahan karena ia dua kali salah mengira bantuan tersebut untuk Ukraina.

PBB mengirimkan bantuan ke Gaza utara yang terkepung untuk pertama kalinya dalam lebih dari seminggu pada hari Jumat, kata Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB. PBB mengirimkan obat-obatan, vaksin, dan bahan bakar ke rumah sakit al-Shifa di Kota Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)