9 Dampak Skandal Tas Mewah Mengguncang Politik Korea Selatan

Minggu, 11 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A

2. Korban Skenario Penuh Jebakan

9 Dampak Skandal Tas Mewah Mengguncang Politik Korea Selatan

Foto/Reuters

Kontroversi dimulai pada akhir November, ketika sebuah video yang direkam secara diam-diam muncul secara online yang menunjukkan Kim menerima “Lady Dior Pouch” dari kulit anak sapi berwarna biru awan dari seorang pendeta Korea-Amerika, Choi Jae-young.

“Kenapa kamu terus membawa ini? Tolong, Anda tidak perlu melakukan ini,” terdengar ibu negara berkata dalam video saat diberikan hadiah. Rekaman tersebut tidak menunjukkan dia mengambil tas dari Choi, meskipun tas belanja Dior terlihat diletakkan di atas meja kopi saat mereka melanjutkan percakapan.

Menurut Choi, pertemuan tersebut berlangsung di kantor pribadi Kim di perusahaan pameran seninya pada September 2022, beberapa bulan setelah Yoon menjabat sebagai presiden. Choi mengatakan dia merekam pertemuan itu dengan kamera rahasia yang disembunyikan di jam tangannya.

Rekaman tersebut dirilis lebih dari setahun kemudian oleh Voice of Seoul, saluran YouTube berhaluan kiri yang dikenal sangat kritis terhadap pemerintahan konservatif Yoon. Saluran tersebut juga memberi Choi jam tangan dan tas Dior.

Undang-undang anti-korupsi Korea Selatan melarang pejabat publik dan pasangan mereka menerima hadiah senilai lebih dari USD750 sehubungan dengan tugas publik mereka. Dengan tampil tidak menolak tawaran tersebut, Kim memberikan amunisi kepada para kritikus yang telah lama menuduhnya menggunakan posisinya untuk keuntungan pribadi.

3. Menampilkan Kejujuran

9 Dampak Skandal Tas Mewah Mengguncang Politik Korea Selatan

Foto/Reuters

Yoon menyampaikan tuduhan tersebut secara terbuka untuk pertama kalinya, mengklaim bahwa rilis video tersebut dirancang untuk mempengaruhi pemungutan suara pada bulan April.

“Ini jelas merupakan aksi politik, yang melibatkan rekaman kamera tersembunyi yang diambil setahun lalu dan dirilis sebelum pemilu,” kata presiden dalam wawancara dengan lembaga penyiaran publik KBS.

“Kedepannya saya dan istri harus lebih jernih dan tegas dalam menghadapi masyarakat agar masyarakat tidak khawatir.”

Yoon tidak secara spesifik menyangkal bahwa istrinya telah menerima tas tersebut tetapi menyatakan penyesalannya karena Kim tidak lebih tegas terhadap Choi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)