9 Dampak Skandal Tas Mewah Mengguncang Politik Korea Selatan

Minggu, 11 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
“Istri saya kehilangan ayahnya saat SMP, jadi ketika orang kampung halaman mendekatinya, sulit baginya untuk bersikap dingin kepada mereka,” ujarnya. “Dia tidak bisa mengatakan tidak padanya ketika dia terus menyuruhnya untuk berkunjung. Jika ada masalah, itu adalah dia tidak bisa memotongnya dengan lebih dingin dan itu saja sangat disesalkan.”

4. Pencemaran Nama Baik

Beberapa pendukung Yoon juga menuduh Choi dan Voice of Seoul memasang jebakan untuk mencemarkan nama baik ibu negara dan mempengaruhi pemilu mendatang. Choi, seorang pendukung reunifikasi Korea, telah mempromosikan hubungan persahabatan dengan Korea Utara, berbeda dengan sikap keras Yoon terhadap Pyongyang.

Presiden terpilih Korea Selatan Yoon Suk-yeol dari oposisi utama Partai Kekuatan Rakyat merayakan bersama para pendukungnya di markas besar partai tersebut pada 10 Maret 2022 di Seoul, Korea Selatan. Kandidat oposisi utama Yoon Suk-yeol terpilih sebagai presiden Korea Selatan berikutnya.

5. Prasangka terhadap Perempuan

9 Dampak Skandal Tas Mewah Mengguncang Politik Korea Selatan

Foto/Reuters

Shin Pyeong, seorang pengacara dan pendukung dekat Yoon, menunjuk pada sikap patriarki dalam masyarakat tradisional Korea Selatan yang konservatif, dan mengatakan bahwa akar dari skandal tersebut “terletak sisi gelap dari ‘misogini’ dan ‘pemujaan phallic.’”

“Tidak ada cara lain untuk menjelaskan kegilaan aneh yang bias terhadap Kim ini,” katanya dalam sebuah postingan media sosial pada bulan Januari, seraya menambahkan bahwa di Korea Selatan, “prasangka terhadap perempuan masih mengakar.”

Namun para kritikus mengatakan hal itu tidak ada hubungannya dengan misogini.

“Sepertinya ibu negara mencari terlalu banyak perhatian dan sepertinya tidak ada orang yang bisa mengendalikannya,” kata Cho, profesor hukum.

“Saya kira ini tidak ada hubungannya dengan patriarki. Perilakunya tidak pantas bahkan dalam negara matriarki,” katanya.

6. Penyalahgunaan Kekuasaan

“Masyarakat Korea Selatan bereaksi paling sensitif ketika tokoh masyarakat atau orang-orang dekat mereka menyalahgunakan kekuasaan mereka dan menikmati hak istimewa dengan memanfaatkan status politik dan sosial mereka,” kata Kim Yun-cheol, seorang profesor politik di Universitas Kyung Hee.

Para pemilih di Korea Selatan memiliki toleransi yang rendah terhadap korupsi setelah skandal besar yang melibatkan mantan presiden, termasuk pemimpin perempuan pertama di negara itu, Park Geun-hye, yang dimakzulkan pada tahun 2017 menyusul protes massal atas campur tangan orang kepercayaannya dalam urusan negara.

Yoon, yang merupakan bagian dari tim investigasi khusus yang mendakwa Park, berjanji untuk terus berjuang melawan korupsi sebagai presiden.

7. Dukungan untuk Presiden Yoon Menurun Drastis

9 Dampak Skandal Tas Mewah Mengguncang Politik Korea Selatan

Foto/Reuters

Hadiah yang dianggap mahal itu telah terbukti merugikan ibu negara dan suaminya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)