Profil Yitzhar Hofman, Komandan Elite Israel yang Tewas di Jalur Gaza

Senin, 05 Februari 2024 - 18:40 WIB
loading...
A A A
Uni Eropa pada hari Sabtu menyatakan keprihatinan mendalam atas niat nyata militer Israel untuk melakukan pertempuran melawan Hamas di Rafah di perbatasan Gaza dengan Mesir. Kemungkinan terjadinya perang darat di kota tersebut telah menimbulkan kekhawatiran mengenai ke mana penduduk akan pergi mencari keselamatan.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell memperingatkan bahwa konflik kemungkinan akan menyebar ke seluruh kawasan kecuali gencatan senjata antara Israel dan Hamas tercapai, setelah serangan udara AS menghantam puluhan lokasi di Irak dan Suriah yang digunakan oleh milisi yang didukung Iran dan Garda Revolusi Iran menyusul serangan pejuang. serangan drone mematikan terhadap tentara AS di Yordania.

Eskalasi antara proksi AS dan Iran dimulai setelah perang pecah antara Israel dan Hamas ketika sekitar 3.000 anggota kelompok Hamas menyusup ke Israel dari Gaza pada tanggal 7 Oktober di bawah rentetan roket, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 253 orang lainnya.

Perang tersebut telah menyebabkan kematian lebih dari 27.000 warga Palestina di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas. Jumlah yang dilaporkan kelompok pejuang ini tidak terverifikasi, tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan, dan mencantumkan semua korban jiwa yang disebabkan oleh Israel – bahkan yang diyakini disebabkan oleh ratusan roket yang salah sasaran atau tembakan Palestina.

Israel mengatakan pihaknya telah membunuh sekitar 10.000 anggota Hamas, selain sekitar 1.000 orang yang terbunuh di Israel setelah invasi dan serangan gencar kelompok pejuang tersebut pada 7 Oktober.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)