7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

Minggu, 04 Februari 2024 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Melansir Al Jazeera, pada tahun 2022, negara donor utama UNRWA adalah Amerika Serikat, Jerman, Uni Eropa, Swedia, Norwegia, Jepang, Prancis, Arab Saudi, Swiss, dan Turki.

AS, Jerman dan Swiss telah menangguhkan pendanaan untuk UNRWA menyusul tuduhan tersebut.

Uni Eropa (UE) mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan meninjau apakah mereka dapat terus mendanai UNRWA sehubungan dengan tuduhan tersebut. Namun, badan tersebut tidak memperkirakan adanya dana tambahan untuk organisasi tersebut hingga akhir Februari.

Norwegia, salah satu donor utama, mendesak negara-negara donor lainnya untuk merenungkan konsekuensi yang lebih luas dari pemotongan dana tersebut.

“UNWRA adalah jalur vital bagi 1,5 juta pengungsi di Gaza. Saat ini, lebih dari sebelumnya, badan tersebut membutuhkan dukungan internasional. Untuk menghindari hukuman kolektif terhadap jutaan orang, kita perlu membedakan antara apa yang telah dilakukan individu dan apa yang diperjuangkan UNRWA,” Espen Barth Eide, Menteri Luar Negeri Norwegia.

5. Mengelola 19 Kamp Pengungsi

7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

Foto/Reuters

Di Gaza, 1.476.706 warga Palestina terdaftar sebagai pengungsi di delapan kamp pengungsi Palestina.

Di Tepi Barat yang diduduki, sekitar seperempat dari 871.537 pengungsi terdaftar tinggal di 19 kamp pengungsi, sementara yang lain tinggal di kota dan desa.

Terdapat sembilan kamp resmi dan tiga kamp tidak resmi di Suriah, tempat tinggal 575.234 pengungsi Palestina yang terdaftar.

489.292 pengungsi Palestina tinggal di 12 kamp pengungsi Lebanon.

2.307.011 pengungsi tinggal di Yordania, di mana terdapat 10 kamp UNRWA. Ada tiga kamp tidak resmi dan pengungsi lainnya tinggal di sekitar kamp.

6. Palestina Sulit Bertahan Hidup Tanpa UNRWA

7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)