Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Kamis, 01 Februari 2024 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Ketika Imran Khan menang pada tahun 2018, para pengkritiknya menyatakan bahwa dia dipilih sendiri oleh militer untuk menyingkirkan Sharif, yang pertama kali didiskualifikasi dari jabatan perdana menteri pada tahun 2017 karena tidak “jujur dan jujur” dan pada bulan Juli 2018, hanya beberapa hari sebelum pemilu. , dijatuhi hukuman penjara atas tuduhan korupsi. Putrinya juga ditangkap, dan partainya menghadapi tindakan keras.

Namun pada akhirnya, ketegangan antara Imran Khan dan militer pun meningkat. Dia dan pemerintahannya digulingkan dari kekuasaan pada April 2022 melalui mosi tidak percaya di parlemen, yang menurut Khan diatur oleh militer melalui konspirasi yang dipimpin AS, tuduhan yang dibantah oleh Washington dan tentara.

Pengalaman Sharif dan sekarang Khan menggarisbawahi mengapa politisi di Pakistan sering kali merasa harus menuruti keinginan militer.

“Jika tidak, mereka berisiko menghadapi konsekuensi yang dapat mencakup pemenjaraan, persidangan, kampanye negatif di media, dan bahkan pembunuhan,” kata Alam, jurnalis yang berbasis di Lahore.

9. Perlu Katarsis untuk Militer

Melansir Al Jazeera, namun secara keseluruhan, Imran Khan dan partainya telah menghadapi tingkat penganiayaan yang tidak pernah terlihat dalam banyak putaran politik sebelumnya yang menandai hubungan militer dengan para pemimpin sipil.

Sejak penggulingannya, Khan selamat dari upaya pembunuhan dan telah dipenjara sejak Agustus karena ia menghadapi tuduhan korupsi dan pengungkapan rahasia negara, yang menurutnya bermotif politik.

Khan dan partainya juga menghadapi tindakan keras oleh otoritas negara sejak 9 Mei ketika pemimpin PTI ditangkap dari pengadilan Islamabad.

Meskipun ia dibebaskan dari penjara dalam waktu kurang dari 48 jam, para pendukungnya tetap mengamuk di seluruh negeri dan terlibat dalam kerusuhan dan menargetkan gedung-gedung pemerintah dan instalasi militer.

Dengan pemilu yang akan berlangsung kurang dari dua minggu lagi, Siddiqui mengatakan para politisi Pakistan harus mengubah cara mereka untuk “keluar dari sistem rezim hibrida ini”.

“Mereka harus berkomitmen pada sistem pemilu dan seperangkat aturan yang koheren yang harus mereka patuhi, terlepas dari keuntungan jangka pendek apa pun yang mereka peroleh jika melanggar aturan tersebut,” katanya. “Namun sebagian besar hal ini tidak terjadi. Partai-partai politik terus termotivasi oleh keuntungan langsung namun mengorbankan kesehatan demokrasi dalam jangka panjang.”

Namun Ismail mengatakan militer tidak bisa diabaikan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)