Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Kamis, 01 Februari 2024 - 14:14 WIB
loading...
Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?
Militer Pakistan sangat mencengkeram negara tersebut. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Pengakuan ini jarang terjadi. Pada November 2022, panglima militer saat itu Qamar Javed Bajwa mengakui bahwa militer Pakistan telah ikut campur dalam politik selama beberapa dekade. Dalam pidato perpisahannya, Jenderal Bajwa berjanji bahwa di masa depan, tentara akan menghindari campur tangan dalam fungsi demokrasi di Pakistan.

Hanya 14 bulan kemudian, jaminan tersebut tampaknya telah menguap. Ketika Pakistan bersiap untuk mengadakan pemilihan umum pada tanggal 8 Februari, bayangan militer masih membayangi proses tersebut.

Para pengamat telah menyatakan keprihatinan mengenai keadilan pemilu dengan partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Imran Khan, menyangkal simbol pemilunya, banyak pemimpinnya – termasuk Khan – berada di balik jeruji besi dan beberapa lainnya bersembunyi. Anggota partai harus bersaing sebagai calon independen.

Para jurnalis telah berbicara tentang adanya sensor yang diberlakukan oleh militer, terutama ketika melaporkan tentang Khan dan PTI. Dan hanya ada sedikit suasana meriah yang menyertai musim kampanye.

Inti dari iklim politik yang tenang ini adalah pengaruh militer yang besar terhadap politik, yang telah membuat mereka memerintah Pakistan secara langsung selama lebih dari tiga dekade sambil mengendalikan tuas kekuasaan dari belakang layar selama sisa 77 tahun negara tersebut merdeka.

Ini adalah sebuah cengkeraman yang mengakibatkan demokrasi di mana tidak ada perdana menteri yang pernah menyelesaikan masa jabatan lima tahun, namun tiga dari empat diktator militer masing-masing berhasil memerintah selama lebih dari sembilan tahun.

Ketika Pakistan melakukan pemilihan umum ke-12, ada satu pertanyaan yang masih mengemuka, para politisi dan analis veteran mengatakan: Bisakah negara berpenduduk 241 juta jiwa ini memperbaiki ketidakseimbangan sipil-militer, yang, bagi banyak kritikus, telah mengubah pemilu terakhir menjadi pemilu yang tidak menguntungkan. sebuah lelucon?

Mampukah Politikus Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

1. Militer Adalah Bagian dari Demokrasi di Pakistan

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Badar Alam, seorang jurnalis dan editor yang tinggal di Lahore, mengatakan bahwa militer percaya bahwa mereka adalah pusat keberadaan Pakistan dan tetap menjadi institusi negara yang paling dominan dengan pengaruh di bidang non-militer, sebagian besar berkat pemerintahan langsung mereka selama bertahun-tahun.

Asad Umar, mantan menteri federal dan sekarang pensiunan politikus yang pernah bergabung dengan PTI, mengatakan supremasi militer atas lembaga-lembaga negara lahir dari perang melawan India pada tahun 1948, hanya setahun setelah kemerdekaan.

Kemudian, satu dekade kemudian, negara tersebut diberlakukan darurat militer untuk pertama kalinya ketika Jenderal Ayub Khan, panglima militer, mengambil alih kekuasaan melalui kudeta. Sejak saat itu, pihak militer secara konsisten menerima sumber daya anggaran yang lebih besar dibandingkan departemen pemerintah lainnya.

“Setelah militer mengambil alih kekuasaan pada tahun 1958 dan memberlakukan darurat militer, penerapan mereka dalam sistem tersebut menjadi hal yang normal di Pakistan,” ujar Miftah Ismail, dua kali mantan menteri keuangan dan pernah menjadi bagian dari Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PMLN), mengatakan kepada Al Jazeera.


2. Militer Menjadi Kekuatan Tak Tertandingi di Pakistan

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Sebagai negara baru, Pakistan bergulat dengan kesulitan ekonomi pada tahun-tahun awalnya. Hanya militer yang kebal, sehingga memberikan pengaruh yang tak tertandingi di masyarakat.

“Ini adalah satu-satunya institusi yang diwarisi Pakistan dari British India dengan rantai komando, logistik, dan bahkan garnisun serta amunisi yang sepenuhnya utuh,” kata Alam, kepada Al Jazeera.

3. Pengalaman Perang dengan India

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, berbagai perang dengan India – pada tahun 1948, 1965, 1971 dan 1999 – semakin memperkuat kesan sentralitas tentara di Pakistan. Mereka “secara konsisten menerima dana besar dari negara untuk memperluas dan memperkuat diri mereka sebagai benteng melawan ancaman India yang nyata atau yang dirasakan,” kata Alam.

Pengaruh yang diperoleh militer pada tahun-tahun awal menyebabkan konfigurasi politik di negara yang digambarkan oleh ilmuwan politik Asma Faiz sebagai “demokrasi mapan”.

“Pakistan merupakan contoh bagus dari sistem pemerintahan hibrida yang mana sebelum kelas politik terpecah,” ujar Faiz, seorang profesor ilmu politik di Universitas Ilmu Manajemen Lahore, kepada Al Jazeera.

Dalam beberapa hal, ini adalah situasi ayam dan telur. Di satu sisi, “pemerintahan sipil kurang efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Faiz.

4. Campur Tangan Militer Adalah Hal Biasa

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Di sisi lain, Niloufer Siddiqui, penulis buku Under the Gun: Political Parties and Violence in Pakistan, berpendapat bahwa meskipun partai politik mempunyai kelemahan, kegagalan mereka disebabkan oleh “campur tangan militer yang sering terjadi”.

“Hal ini membuat partai politik kemungkinan besar bersifat dinasti, dikendalikan oleh keluarga, tidak demokratis secara internal, dan kehadirannya terbatas di tingkat lokal,” katanya kepada Al Jazeera.

Siddiqui, yang juga asisten profesor ilmu politik di Universitas Albany, Universitas Negeri New York, menyoroti ketidakmampuan pemerintah untuk menyelesaikan masa jabatannya dan fakta bahwa pemilu jarang diadakan sesuai jadwal.

Pemilihan umum bulan depan awalnya dijadwalkan pada bulan November tetapi ditunda setelah Komisi Pemilihan Umum Pakistan mengatakan diperlukan lebih banyak waktu untuk menyusun batas daerah pemilihan baru setelah sensus 2023. Dan tahun 2013 adalah pertama kalinya Pakistan menyaksikan peralihan kekuasaan secara damai antara dua pemerintahan terpilih.

Namun beberapa pemimpin veteran mengatakan politisi juga patut disalahkan karena “terlalu bersemangat” untuk bermain-main dengan militer.

“Mereka terlibat dalam semua ini sejak awal,” kata seorang mantan menteri federal kepada Al Jazeera tanpa menyebut nama. “Mereka tidak bisa memisahkan diri. Cara kerja sistem ini adalah Anda hanya bisa mengakses kekuasaan jika Anda tercatat dalam daftar militer yang baik.”

5. Militer Jadi Alat Kepentingan Politik

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Umar setuju dan mengatakan bahwa para politisi sering kali meminta bantuan militer untuk menggulingkan lawan-lawan mereka.

“Sistem ini sendiri tidak menolak intervensi militer. Politisi tidak serta merta meminta pengambilalihan, namun mereka mencoba meminta bantuan untuk memperkuat posisi mereka dan melakukan intervensi atas nama mereka untuk menggulingkan saingan mereka,” katanya.

Ismail mengatakan politisi seringkali berperilaku seperti “diktator kecil” ketika berkuasa.

“Apakah sikap tersebut disebabkan oleh pemujaan terhadap kepribadian atau dinasti keluarga, mereka belum menunjukkan kepada masyarakat Pakistan bahwa mereka lebih baik daripada militer,” katanya. “Politisi telah menerima banyak peluang namun mengabaikannya.”

6. Militer Menghalalkan Segala Cara untuk Berkuasa

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Peluang ini muncul dalam bentuk pemerintahan sipil pada akhir tahun 1980an dan 1990an ketika Pakistan bangkit dari kediktatoran Jenderal Zia-ul Haq yang telah berlangsung selama 11 tahun, yang meninggal dalam kecelakaan pesawat pada bulan Agustus 1988.

Namun, selama 11 tahun berikutnya, Pakistan menyelenggarakan empat pemilu, semuanya diwarnai dengan tuduhan manipulasi, kecurangan, dan campur tangan militer.

Partai Rakyat Pakistan (PPP) yang dipimpin Benazir Bhutto memenangkan dua pemilu (1988, 1993), sedangkan PMLN yang dipimpin Nawaz Sharif memenangkan dua pemilu lainnya (1990, 1997).

Tak satu pun dari empat pemerintahan tersebut mampu menyelesaikan masa jabatannya karena keduanya menghadapi tuduhan korupsi besar-besaran, yang terus menghantui kedua partai tersebut hingga hari ini.

7. Kudeta Sudah Jadi Identitas di Pakistan

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, kudeta militer langsung terakhir di Pakistan terjadi pada bulan Oktober 1999 ketika panglima militer saat itu, Jenderal Pervez Musharraf, menggulingkan pemerintahan PMLN dan mengirim Sharif, perdana menteri, ke penjara.

Meskipun pemerintahan Musharraf bertahan hingga tahun 2008, pada periode tersebut PPP dan PMLN juga saling berupaya dan menyepakati apa yang disebut sebagai dokumen penting, Piagam Demokrasi, pada tahun 2006.

Meskipun sebelumnya memiliki hubungan yang bermusuhan satu sama lain, Bhutto dan Sharif sepakat bahwa mereka tidak akan “saling melemahkan melalui cara-cara yang tidak konstitusional” atau meminta dukungan militer untuk menggulingkan pemerintah atau mengambil alih kekuasaan.

Ketika Bhutto dibunuh dalam rapat umum politik pada bulan Desember 2007, partai tersebut diambil alih oleh suaminya, Asif Ali Zardari, dan PPP meraih kekuasaan pada pemilu 2008 dengan PMLN Sharif berada di urutan kedua.

Umar mengatakan bahwa meskipun penandatanganan perjanjian tersebut, secara konseptual, adalah hal yang benar untuk dilakukan, namun para pihak belum benar-benar menaatinya.

“Sebaliknya, persepsi masyarakat adalah bahwa ini adalah kesepakatan antara dua kelompok yang melakukan hal ini untuk melindungi satu sama lain dari akuntabilitas, bukannya benar-benar memperkuat demokrasi dan supremasi sipil,” kata Umar.

Pemilu tahun 2013 tidak hanya menyaksikan peralihan kekuasaan dari PPP ke PMLN namun juga bangkitnya PTI, yang dipimpin oleh Imran Khan yang karismatik, mantan bintang kriket, seorang filantropis dan kekuatan politik baru yang membawa gelombang perubahan. popularitas pada slogan akuntabilitasnya.

8. Konflik Militer dan Politikus Terus Berkembang

Mampukah Pakistan Melepaskan Diri dari Cengkeraman Militer?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, lima tahun berikutnya terlihat dukungan terhadap PTI meningkat ketika Imran Khan menargetkan korupsi di bawah PMLN, dan perpecahan konflik antara militer dan pemerintah terus berkembang.

Ketika Imran Khan menang pada tahun 2018, para pengkritiknya menyatakan bahwa dia dipilih sendiri oleh militer untuk menyingkirkan Sharif, yang pertama kali didiskualifikasi dari jabatan perdana menteri pada tahun 2017 karena tidak “jujur dan jujur” dan pada bulan Juli 2018, hanya beberapa hari sebelum pemilu. , dijatuhi hukuman penjara atas tuduhan korupsi. Putrinya juga ditangkap, dan partainya menghadapi tindakan keras.

Namun pada akhirnya, ketegangan antara Imran Khan dan militer pun meningkat. Dia dan pemerintahannya digulingkan dari kekuasaan pada April 2022 melalui mosi tidak percaya di parlemen, yang menurut Khan diatur oleh militer melalui konspirasi yang dipimpin AS, tuduhan yang dibantah oleh Washington dan tentara.

Pengalaman Sharif dan sekarang Khan menggarisbawahi mengapa politisi di Pakistan sering kali merasa harus menuruti keinginan militer.

“Jika tidak, mereka berisiko menghadapi konsekuensi yang dapat mencakup pemenjaraan, persidangan, kampanye negatif di media, dan bahkan pembunuhan,” kata Alam, jurnalis yang berbasis di Lahore.

9. Perlu Katarsis untuk Militer

Melansir Al Jazeera, namun secara keseluruhan, Imran Khan dan partainya telah menghadapi tingkat penganiayaan yang tidak pernah terlihat dalam banyak putaran politik sebelumnya yang menandai hubungan militer dengan para pemimpin sipil.

Sejak penggulingannya, Khan selamat dari upaya pembunuhan dan telah dipenjara sejak Agustus karena ia menghadapi tuduhan korupsi dan pengungkapan rahasia negara, yang menurutnya bermotif politik.

Khan dan partainya juga menghadapi tindakan keras oleh otoritas negara sejak 9 Mei ketika pemimpin PTI ditangkap dari pengadilan Islamabad.

Meskipun ia dibebaskan dari penjara dalam waktu kurang dari 48 jam, para pendukungnya tetap mengamuk di seluruh negeri dan terlibat dalam kerusuhan dan menargetkan gedung-gedung pemerintah dan instalasi militer.

Dengan pemilu yang akan berlangsung kurang dari dua minggu lagi, Siddiqui mengatakan para politisi Pakistan harus mengubah cara mereka untuk “keluar dari sistem rezim hibrida ini”.

“Mereka harus berkomitmen pada sistem pemilu dan seperangkat aturan yang koheren yang harus mereka patuhi, terlepas dari keuntungan jangka pendek apa pun yang mereka peroleh jika melanggar aturan tersebut,” katanya. “Namun sebagian besar hal ini tidak terjadi. Partai-partai politik terus termotivasi oleh keuntungan langsung namun mengorbankan kesehatan demokrasi dalam jangka panjang.”

Namun Ismail mengatakan militer tidak bisa diabaikan.

“Saya melihat tidak ada solusi terhadap permasalahan negara kita tanpa keterlibatan militer. Saya telah berulang kali menyarankan untuk terlebih dahulu mengakui bahwa kita mengecewakan bangsa kita selama 75 tahun terakhir dan kemudian menyepakati aturan mainnya,” katanya. “Jika PMLN berkuasa, mereka mempunyai tanggung jawab untuk mencoba dan mengajak semua orang untuk duduk bersama, termasuk PTI, untuk menyusun peta jalan ke depan sambil melibatkan pemangku kepentingan seperti militer, pengadilan, dan lainnya.”

Umar, yang keluar dari PTI pada bulan November, juga setuju dengan perlunya para pemimpin politik untuk duduk bersama dan menetapkan “aturan main”, namun ia tetap skeptis terhadap hal tersebut.

“Sangat penting bagi para politisi untuk bersatu, namun nampaknya tidak ada ruang untuk rekonsiliasi saat ini. Apakah Nawaz Sharif bersedia mengatakan, ‘Saya tidak dapat menjalankan sistem demokrasi sejati tanpa Imran Khan’? Apakah Imran Khan bersedia mengatakan hal yang sama?” tanya mantan menteri.

“Sayangnya, saat ini jawabannya adalah tidak.”

Meskipun kredibilitas pemilu mendatang masih belum jelas, beberapa analis yakin pemilu ini penting bagi negara.

“Negara ini membutuhkan pemerintahan terpilih untuk bangkit dan menghadapi tantangan besar yang dihadapinya, dan pemilu hanyalah awal dari perjalanan panjang ini,” kata Faiz.

Namun bagi mantan menteri federal yang meminta agar namanya tidak disebutkan, pemilu mendatang tidak lebih dari sekadar “lelucon”.

“Pemilu ini telah dicurangi, tidak seperti pemilu lainnya dalam sejarah Pakistan. Ini hanyalah sebuah katarsis bagi militer pada tanggal 9 Mei untuk mengadakan pemilu tanpa Imran Khan dan PTI,” katanya. “Itulah keuntungan mereka.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)