AS Kerahkan 3 Kapal Induk ke Asia, Hadapi China dan Korut

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:28 WIB
loading...
AS Kerahkan 3 Kapal Induk ke Asia, Hadapi China dan Korut
USS Carl Vinson, satu dari tiga kapal induk AS yang dikerahkan ke Asia, berada di Laut Filipina untuk latihan gabungan dengan Jepang pada Rabu (31/1/2024). Foto/Ryo Nakamura/Nikkei Asia
A A A
MANILA - Militer Amerika Serikat (AS) telah menggandakan upayanya untuk menghadapi ancaman China dan Korea Utara (Korut) dengan mengerahkan tiga kapal induk ke Asia, lebih tepatnya ke Pasifik Barat.

Wilayah itu menjadi fokus kerja militer Washington meskipun ada kekhawatiran yang meningkat mengenai potensi konflik yang lebih luas di Timur Tengah.

Kapal unduk USS Abraham Lincoln (CVN-72) berada di Laut China Timur. Kapal induk ini memimpin Carrier Strike Group 7, yang terdiri dari kapal perusak rudal USS Fitzgerald (DDG-62), USS Spruance (DDG-111), dan USS Dewey (DDG-105).

Selanjutnya, kapal induk USS Ronald Reagan (CVN-76) berada di Laut China Selatan. Kapal induk ini memimpin Carrier Strike Group 5, yang terdiri dari kapal perusak rudal USS Chafee (DDG-90), USS Howard (DDG-83), dan USS Milius (DDG-69).

Kemudian kapal induk USS Carl Vinson (CVN-70) berada di Laut Filipina. Kapal induk ini memimpin Carrier Strike Group 1, yang terdiri dari kapal perusak rudal USS Sampson (DDG-102), USS Stockdale (DDG-106), dan USS Higgins (DDG-76).



Angkatan Laut AS mengizinkan wartawan dari beberapa media untuk menaiki USS Carl Vinson yang sedang latihan gabungan dengan Jepang di Laut Filipina pada hari Rabu.

USS Carl Vinson berlayar akan berada dalam formasi dengan kapal induk AS lainnya; USS Theodore Roosevelt, dan kapal perang pengangkut helikopter Jepang; JS Ise.

Sembilan kapal lainnya juga berpartisipasi dalam latihan tersebut, menurut pernyataan dari Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, yang dilansir Nikkei Asia, Kamis (1/2/2024).

Menurut US Naval Institute, peristiwa ini tampaknya merupakan pertama kalinya dalam dua tahun terakhir tiga kapal induk AS ditempatkan di dekat rangkaian pulau pertama, yang menghubungkan Okinawa dan Taiwan dengan Filipina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)