AS Kerahkan 3 Kapal Induk ke Asia, Hadapi China dan Korut

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:28 WIB
loading...
A A A
Di Timur Tengah, USS Dwight Eisenhower adalah satu-satunya kapal induk AS yang menangani meningkatnya ketegangan regional.

USS Gerald Ford, yang dikirim ke Mediterania timur agar berada dalam jarak serangan dari Israel, meninggalkan wilayah tersebut pada bulan Januari dan digantikan oleh kapal serbu USS Bataan.

Meskipun kapal induk hanyalah sebagian dari keseluruhan kemampuan militer AS, pengaturan saat ini berbeda dengan pengaturan pada tahun 2021 ketika AS menarik diri dari Afghanistan.

Kapal induk USS Ronald Reagan membantu operasi melalui Laut Arab, dalam relokasi yang jarang terjadi dari Indo-Pasifik ke Timur Tengah.

Meskipun pemerintahan Presiden AS Joe Biden menjadikan China sebagai prioritas utama dalam strategi keamanan nasionalnya, langkah ini menciptakan kekosongan kapal induk di Indo-Pasifik selama berbulan-bulan.

Rob Wittman, politisi Partai Republik dari Virginia dan wakil ketua Komite Angkatan Bersenjata Parlemen, mengatakan kepada Nikkei Asia bahwa “China sangat oportunistik dan mereka sedang mempertimbangkan upaya apa yang kami lakukan di Indo-Pasifik.”

“Kami tahu bahwa kehadiran di sana adalah sebuah pencegahan, dan kemampuan adalah sebuah pencegahan, dan kami tidak ingin kehilangan fokus pada hal tersebut, karena menghalangi godaan China untuk mengambil alih Taiwan dengan kekerasan adalah sesuatu yang perlu kita ingat setiap hari," kata Wittman,

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan pada Jumat pekan lalu bahwa pihaknya telah mendeteksi 33 pesawat militer China di sekitar Taiwan selama 24 jam terakhir, sebagai tanda meningkatnya tekanan menyusul kunjungan delegasi kongres bipartisan AS ke pulau tersebut.

China telah berjanji untuk reunifikasi dengan pulau yang mempunyai pemerintahan sendiri itu dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuanntya. Beijing menyebut sikap skeptis China terhadap presiden baru Taian Lai Ching-te dan Partai Demokrat Progresif yang berkuasa, merupakan ancaman terhadap perdamaian.

Korea Utara juga menjadi perhatian AS karena Pyongyang terus menguji tembak rudal dan memperdalam hubungan pertahanan dengan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)