Kisah Pangeran Arab Saudi Tembak Mati Diplomat Inggris, Picu Raja Abdulaziz Melarang Alkohol

Kamis, 25 Januari 2024 - 08:54 WIB
loading...
A A A
Meskipun konsumsi alkohol secara diam-diam selalu ada di negara ini, di mana pejabat asing sering memperolehnya melalui kantong diplomatik, toko yang siap dibuka ini akan menandai penjualan legal pertama minuman beralkohol—sebuah langkah yang mungkin akan membuat marah banyak Muslim konservatif yang memandang konsumsi alkohol dilarang oleh ajaran Islam.

Langkah ini dilakukan setelah peraturan yang diumumkan pada akhir pekan oleh media lokal bertujuan untuk membatasi “pertukaran alkohol yang tidak pantas” antar-kediaman diplomatik.

Sebuah pernyataan pemerintah Arab Saudi pada hari Rabu mengatakan: "Pihak berwenang memperkenalkan kerangka peraturan baru untuk melawan perdagangan gelap barang dan produk beralkohol yang diterima oleh misi diplomatik."

“Proses baru ini akan fokus pada pengalokasian barang-barang beralkohol dalam jumlah tertentu ketika memasuki kerajaan untuk mengakhiri proses tidak diatur sebelumnya yang menyebabkan pertukaran barang-barang tersebut tidak terkendali di kerajaan," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip Middle East Eye, Kamis (25/1/2024).

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman sangat ingin mendorong sejumlah reformasi sosial di kerajaan sebagai bagian dari Visi Saudi 2030 yang banyak digembar-gemborkan.

Dia membatalkan larangan mengemudi bagi perempuan pada tahun 2018 dan mengizinkan konser publik dan perluasan bioskop, bahkan ketika dia memberlakukan tindakan keras yang meluas terhadap kritikus liberal dan konservatif di kerajaan tersebut dan membungkam perbedaan pendapat.

Namun, terlepas dari rumor yang beredar, terdapat banyak penolakan dari masyarakat terhadap usulan untuk membatalkan larangan alkohol selama 72 tahun.

Orang yang dihukum karena mengonsumsi alkohol di Arab Saudi sebelumnya dapat dikenakan denda, hukuman penjara, cambuk di depan umum, dan deportasi bagi orang asing.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)