10 Polemik Pemilu yang Kontroversial di Bangladesh

Minggu, 07 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Sekitar 1.935 kandidat termasuk anggota dari 54 partai dan 484 kandidat independen mencalonkan diri untuk 300 kursi, dengan 30 kursi lagi diperuntukkan bagi perempuan.

Tingkat partisipasi pemilih tinggi – 75 persen – dan BNP memenangkan 193 kursi dengan hampir 40 persen suara nasional. Meskipun Liga Awami juga memenangkan lebih dari 40 persen suara nasional, mereka hanya memperoleh 62 kursi berdasarkan sistem pemilu first past the post di Bangladesh.

Khaleda Zia, pemimpin BNP, diundang untuk membentuk pemerintahan. Walaupun pemilu tersebut berjalan lancar – para pengamat internasional menyatakan pemilu tersebut “bebas dan adil” – terdapat beberapa kekerasan yang menyasar kelompok minoritas Hindu setelah pemilu tersebut.

6. Kekerasan pemilu Bangladesh 2007

10 Polemik Pemilu yang Kontroversial di Bangladesh

Foto/Reuters

Pemilu yang seharusnya diadakan pada tahun 2006 tidak pernah terlaksana karena BNP yang akan keluar dan oposisi utama, Liga Awami, gagal menyepakati calon pemimpin pemerintahan sementara yang diperlukan.

Pada akhir bulan Oktober, presiden negara tersebut, Iajuddin Ahmed mendeklarasikan dirinya sebagai pemimpin pemerintahan sementara dan mengumumkan bahwa pemilu akan diadakan pada bulan Januari 2007.

Perselisihan sengit mengenai nama palsu yang dimasukkan dalam daftar kandidat menyebabkan kerusuhan dan kekerasan di negara tersebut – ribuan pengunjuk rasa memblokade sistem transportasi negara tersebut dan negara tersebut mengalami krisis politik yang berlangsung hingga tahun 2008.

Militer turun tangan ketika Ahmed mengumumkan keadaan darurat nasional dan Liga Awami menarik diri dari pemilu sebagai protes.

7. Pemilu 2008 – jumlah pemilih tertinggi yang pernah ada

Pemilu akhirnya diadakan pada tanggal 29 Desember 2008, dengan jumlah pemilih sebesar 80 persen – jumlah tertinggi yang pernah ada di negara ini. Kali ini Liga Awami membentuk koalisi – Aliansi Besar – dengan partai oposisi lainnya dan dipimpin oleh Sheikh Hasina. Khaleda Zia sekali lagi memimpin BNP.

Aliansi Awami menang telak, meraih 230 kursi dengan 48 persen suara populer. BNP dan sekutunya, yang juga membentuk koalisi, hanya meraih 30 kursi dengan 32,5 persen suara.

Pemerintahan sementara yang dikelola militer secara resmi menyerahkan kekuasaan pada Januari 2009.

8. Pemilu Bangladesh 2013

Tindakan keras terhadap oposisi pun menyusul. Sebelum pemilu yang diadakan pada tanggal 5 Januari 2014, pemimpin BNP Zia dijadikan tahanan rumah dan terdapat banyak laporan kekerasan terhadap anggota oposisi lainnya. Partai-partai oposisi, termasuk BNP, memboikot pemungutan suara tersebut dan Liga Awami pimpinan Hasina menang telak, meraih 234 kursi di parlemen.

9. Pemilu Bangladesh 2018

10 Polemik Pemilu yang Kontroversial di Bangladesh

Foto/Reuters

Pada tahun 2018, pemungutan suara elektronik diperkenalkan di Bangladesh. Namun BNP dan partai oposisi lainnya menuduh Liga Awami yang berkuasa melakukan kecurangan dalam pemilu pada 30 Desember 2018. Laporan kekerasan terhadap anggota dan pendukung oposisi BNP, serta penindasan terhadap pemilih, kembali merusak pemilu tersebut. Pemerintah juga mematikan internet seluler menjelang hari pemilu, dengan alasan ingin menghentikan penyebaran berita palsu seputar pemilu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)