10 Polemik Pemilu yang Kontroversial di Bangladesh

Minggu, 07 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Liga Awami pimpinan Hasina, setelah bergabung dengan Partai Jatiya untuk membentuk Aliansi Besar, kembali menang telak. Aliansi Besar menguasai lebih dari 90 persen kursi parlemen. Kamal Hossain yang memimpin Front Jatiya Oikya – aliansi BNP setelah Zia dilarang karena tuduhan korupsi, hanya memenangkan tujuh kursi. Hossain mengkritik pemilu tersebut dan menyerukan agar pemilu tersebut diadakan lagi, namun tidak membuahkan hasil.

10. 2024 – BNP kembali memboikot

Karena tuntutannya terhadap pemerintahan sementara masih diabaikan oleh partai berkuasa Hasina, BNP kembali memboikot pemilu hari Minggu. Partai tersebut telah memimpin pemogokan massal dan demonstrasi untuk memenuhi permintaan mereka, namun tidak berhasil.

Liga Awami yang berkuasa secara umum terlihat memiliki sistem pemilu yang sebagian besar berada di bawah pengaruhnya saat ini, dan pemilu kali ini diperkirakan merupakan ulangan dari pemilu yang dilakukan baru-baru ini. Perdana Menteri Hasina kemungkinan akan memenangkan mayoritas suara pada masa jabatannya yang kelima, sehingga menjadikan pemerintahannya sebagai pemerintahan terlama dalam sejarah Bangladesh.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)