70% Rumah di Gaza Dihancurkan Israel

Minggu, 31 Desember 2023 - 20:58 WIB
loading...
70% Rumah di Gaza Dihancurkan Israel
Israel menghancurkan 70% rumah di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pemboman tanpa henti yang dilakukan Israel terhadap Gaza selama hampir tiga bulan telah menghancurkan 70 persen rumah di daerah kantong Palestina yang terkepung.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan namun laporan sebelumnya mengatakan lebih dari 200 situs warisan dan arkeologi hancur dalam pemboman Israel yang dianggap paling merusak dalam sejarah modern.

Sekitar 300.000 dari 439.000 rumah telah hancur akibat serangan Israel. Itu dilaporkan Wall Street Journal (WSJ). Menganalisis citra satelit, laporan tersebut menambahkan bahwa 29.000 bom yang dijatuhkan di wilayah tersebut menargetkan daerah pemukiman, gereja-gereja Bizantium, rumah sakit dan pusat perbelanjaan dan semua infrastruktur sipil telah rusak hingga tidak dapat diperbaiki.

“Kata 'Gaza' akan tercatat dalam sejarah bersama dengan Dresden [Jerman] dan kota-kota terkenal lainnya yang telah dibom,” kata Robert Pape, ilmuwan politik di Universitas Chicago yang telah menulis tentang sejarah pemboman udara, kepada WSJ.

Dalam waktu hampir dua bulan, serangan tersebut telah menimbulkan lebih banyak kerusakan dibandingkan penghancuran Aleppo di Suriah antara tahun 2012 dan 2016, Mariupol di Ukraina, atau, secara proporsional, pemboman Sekutu terhadap Jerman pada Perang Dunia II. Serangan ini telah membunuh lebih banyak warga sipil daripada yang dilakukan koalisi pimpinan Amerika Serikat dalam kampanye tiga tahunnya melawan kelompok ISIL (ISIS).

Antara tahun 1942 dan 1945, Sekutu menyerang 51 kota besar dan kecil di Jerman, menghancurkan sekitar 40-50 persen wilayah perkotaannya, kata Pape kepada kantor berita The Associated Press.



“Gaza adalah salah satu kampanye hukuman warga sipil paling intens dalam sejarah,” kata Pape. “Sekarang mereka berada di kuartil teratas dalam kampanye pengeboman paling dahsyat yang pernah ada.”

Corey Scher dari CUNY Graduate Center dan Jamon Van Den Hoek dari Oregon State University mengatakan kepada AP, “Gaza sekarang memiliki warna yang berbeda dari luar angkasa. Teksturnya berbeda.”

Kampanye militer Israel di Gaza, kata para ahli, kini juga termasuk yang paling mematikan dalam sejarah, menewaskan lebih dari 21.500 orang dan melukai 55.000 orang. Lebih dari 1.000 anak-anak diamputasi anggota tubuhnya dalam serangan Israel sejak 7 Oktober.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)