Rusia: Serangan Ukraina Berhasil Menghancurkan Kapal Perang di Laut Hitam

Selasa, 26 Desember 2023 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Maret 2022, kementerian pertahanan Ukraina melaporkan bahwa kapal tersebut telah rusak dalam serangan terhadap pelabuhan Berdyansk di Ukraina yang diduduki di mana kapal serbu amfibi lainnya, Saratov, ditenggelamkan.

Dalam sebuah postingan di Telegram, Letjen Oleshchuk menulis bahwa Novocherkassk telah mengikuti jejak Moskva – kapal andalan Armada Laut Hitam Rusia, yang tenggelam di Laut Hitam tahun lalu.

Rusia merebut dan mencaplok semenanjung Krimea dari Ukraina pada tahun 2014 dan pasukannya yang berbasis di sana memainkan peran penting dalam invasi besar-besaran ke Ukraina pada bulan Februari 2022.

Pasukan Rusia di Krimea telah berulang kali diserang oleh Ukraina. Bulan lalu, militer Ukraina mengatakan pihaknya telah menghancurkan 15 kapal angkatan laut Rusia dan merusak 12 kapal lainnya di Laut Hitam sejak dimulainya perang Rusia.

Setelah serangan rudal terhadap markas armada Laut Hitam di Sevastopol September lalu, citra satelit menunjukkan bahwa angkatan laut Rusia telah memindahkan sebagian besar armada Laut Hitamnya dari Krimea ke pelabuhan Novorossiysk di Laut Hitam Rusia.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)