5 Perubahan yang Akan Terjadi jika Politikus Anti-Islam Memimpin Belanda

Sabtu, 25 November 2023 - 03:30 WIB
loading...
A A A
“Ada pergeseran yang jelas ke sayap kanan dan kegagalan sayap kiri dalam menanggapi isu-isu besar dengan cara yang meyakinkan bagi para pemilih,” katanya kepada Al Jazeera.

“Ada juga pendekatan konservatif mengenai migrasi dan suaka di tingkat UE Tampaknya pergeseran ke arah kanan dalam hal migrasi dan suaka akan terus berlanjut,” prediksi Dimitriadi.

5. Eropa Bergerak ke Arah Populisme

Partai-partai otoriter, anti-imigran, anti-globalis, Eurosceptic, dan populis yang tadinya terpinggirkan di Eropa mulai berkembang setelah krisis keuangan global tahun 2008 dan kembali mendapat dorongan dari lonjakan kedatangan pengungsi pada tahun 2015. Kini, inflasi yang tinggi memberi mereka dorongan lain.

Mereka awalnya adalah mitra koalisi junior, namun kini mereka mulai memimpin pemerintahan di Italia dan mungkin juga di Belanda.

Partai Kebebasan yang dipimpin Wilders menjadi partai terbesar ketiga di Belanda pada pemilu 2010 dan mendukung pemerintahan koalisi Rutte selama dua tahun.

Pada tahun 2017, partai ini menjadi partai terbesar kedua.

Fidesz telah memerintah di Hongaria sejak tahun 2010 dan Partai Hukum dan Keadilan di Polandia telah berkuasa sejak tahun 2015, sebagian berkat pedoman bersama dalam menekan kebebasan berpendapat dan subversi peradilan – sesuatu yang kini membuat mereka berdua berada dalam masalah. Mereka saling mendukung dalam menolak tindakan balasan dari UE.

Partai Alternatif untuk Jerman (AfD) memenangkan kursi di serangkaian badan legislatif negara bagian mulai tahun 2014 dan meraih 12,6 persen suara untuk masuk parlemen federal pada tahun 2017. Sejak itu, partai ini telah mengungguli Partai Demokrat Kristen sayap kanan-tengah di bekas Jerman Timur.

Bulan lalu, partai ini meraih perolehan suara tertinggi di Jerman Barat setelah partai ini meraih 18,4 persen suara di Hesse, negara bagian di mana Frankfurt berada, dan menduduki peringkat kedua setelah Uni Demokratik Kristen (CDU). Salah satu pendirinya, Alice Weidel mengatakan: “AfD bukan lagi sebuah fenomena Timur, namun telah menjadi sebuah partai besar yang seluruh anggotanya berasal dari Jerman. Jadi kita sudah sampai.”

Di Finlandia, Partai Finlandia Sejati memperoleh 17,7 persen suara pada tahun 2015 dan memerintah sebagai mitra koalisi selama dua tahun. Di Inggris, UKIP memberikan daya tarik yang luar biasa terhadap para pemilih konservatif, yang mengakibatkan referendum pada bulan Juli 2016 untuk meninggalkan UE.

Partai Kebebasan Austria memperoleh 26 persen suara pada tahun 2017 dan memerintah sebagai mitra koalisi junior selama dua tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)