Setelah Ophelia, Badai Brian Bakal Hantam Garis Pantai Irlandia

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 08:55 WIB
Setelah Ophelia, Badai Brian Bakal Hantam Garis Pantai Irlandia
Setelah Ophelia, Badai Brian Bakal Hantam Garis Pantai Irlandia
A A A
DUBLIN - Sebuah peringatan cuaca telah dikeluarkan untuk angin yang sangat kuat di sejumlah wilayah Republik Irlandia. Badai Brian diprediksi akan menghantam sejumlah distrik di wilayah selatan dan pantai barat Irlandia.

Badan cuaca Irlandia, Met Éireann mengatakan, badai Brian akan menyebabkan laut lepas "mengetuk pantainya" dari Jumat malam hingga pukul 22:00 waktu setempat pada hari Sabtu.

"Hembusan angin bisa mencapai 130km/jam," kata Met Éireann, dan mengeluarkan peringatan oranye, peringatan kedua yang paling parah seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/10/2017).

Peringatan akan datangnya badai Brian ini berlaku untuk wilayah Clare, Cork, Galway, Kerry, Mayo, Wexford dan Waterford.

Pengamat Met Éireann, Gerry Murphy mengatakan, badai Brian akan menjadi badai Atlantik yang khas dan berbeda dari badai Ophelia, yang telah melemah dari kekuatan badai sebelumnya.

"Angin yang akan dihasilkan tidak akan mendekati kekuatan badai Ophelia," katanya.

Namun dia menambahkan bahwa ada kekhawatiran bahwa banjir akan terjadi di County Cork karena telah terjadi pasang surut selama akhir pekan.

Murphy mengatakan beberapa bagian dari County Cork menerima hampir 50mm hujan pada hari Kamis.

Kecepatan angin hingga 110km/jam diantisipasi di wilayah lain Republik Irlandia.

Sebelumnya, tiga orang tewas pekan ini saat badai Ophelia menyerang Irlandia, dengan sebuah keadaan darurat nasional yang diumumkan di negara itu.

Baca Juga: Tiga Orang Tewas Saat Badai Ophelia Hantam Irlandia
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3779 seconds (0.1#10.140)