Siapa Emma Little-Pengelly? Wakil Menteri Pertama Irlandia Utara yang Menginspirasi

Minggu, 04 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
Siapa Emma Little-Pengelly? Wakil Menteri Pertama Irlandia Utara yang Menginspirasi
Emma Little-Pengelly menjadi politikus Irlandia Utara yang menginspirasi. Foto/newsletter
A A A
LONDON - Wakil Menteri Pertama Irlandia Utara yang baru, Emma Little-Pengelly, mewakili pemerintahan pembagian kekuasaan yang pertama di Stormont. Anggota majelis Partai Unionis Demokrat (DUP) adalah anggota serikat pekerja pertama yang memegang posisi tersebut.

Menteri pertama dan wakil menteri pertama memegang jabatan bersama dan mempunyai kekuasaan yang setara, namun ini adalah pertama kalinya seorang anggota DUP mengambil penunjukan 'wakil' setelah keberhasilan Sinn FĂ©in pada pemilu 2022.

Little-Pengelly juga mengambil peran tersebut meskipun belum terpilih menjadi anggota Majelis Irlandia Utara - ia malah ditunjuk berdasarkan sistem kooptasi.

Pemimpin DUP Sir Jeffrey Donaldson memilihnya untuk mengambil kursinya beberapa hari setelah terpilih menjadi anggota Stormont pada tahun 2022.

Siapa Emma Little-Pengelly? Wakil Menteri Pertama Irlandia Utara yang Menginspirasi Politik Irlandia Utara

1. Pengacara Berpengalaman

Melansir BBC, sebagai seorang pengacara yang berkualifikasi, Little-Pengelly memiliki pengalaman signifikan baik di bidang politik garis depan maupun di belakang layar.

Dia sebelumnya adalah seorang anggota parlemen dan penasihat khusus untuk tiga menteri pertama DUP - Ian Paisley, Peter Robinson dan Arlene Foster.

Suaminya adalah pegawai negeri sipil senior Stormont Richard Pengelly, yang saat ini menjabat sekretaris tetap Departemen Kehakiman.


2. Memiliki Latar Belakang Korban Kekerasan selama Konflik

Little-Pengelly, 44, dibesarkan di Markethill, County Armagh.

Dia sebelumnya berbicara tentang rumah keluarganya yang dirusak oleh bom di desa tersebut pada tahun 1991 selama konflik di Irlandia Utara.

Ayahnya adalah Noel Little, salah satu dari 'Paris Three' yang ditangkap pada tahun 1980an karena perdagangan senjata untuk kelompok loyalis Ulster Resistance.

3. Aktif dalam Gerakan Politik saat Mahasiswa

Little-Pengelly belajar hukum di Queen's University Belfast, di mana dia terlibat dalam politik mahasiswa.

Dia ditunjuk sebagai penasihat khusus Ian Paisley ketika dia menjadi menteri pertama dan tetap menjabat ketika Peter Robinson menggantikannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)