Biden Tiba di Irlandia Utara untuk Tandai Peringatan Kesepakatan Damai

Rabu, 12 April 2023 - 08:04 WIB
loading...
Biden Tiba di Irlandia Utara untuk Tandai Peringatan Kesepakatan Damai
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyapa Presiden AS Joe Biden saat kedatangannya di pangkalan udara RAF Aldergrove di County Antrim, Irlandia Utara, 11 April 2023. Foto/REUTERS
A A A
ANTRIM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disambut di Irlandia Utara oleh Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak pada Selasa (11/4/2023).

Biden terbang untuk kunjungan singkat menandai peringatan 25 tahun kesepakatan damai yang sebagian besar mengakhiri pertumpahan darah selama 30 tahun.

Biden, yang sangat bangga dengan warisan Irlandianya, akan menghabiskan lebih dari setengah hari di wilayah yang dikelola Inggris itu.

Dia lalu akan melakukan perjalanan ke Republik Irlandia selama hampir tiga hari untuk bertemu dengan pejabat dan kerabat jauh.

Biden, yang ditemui oleh Sunak di landasan pacu di Bandara Internasional Belfast yang berangin, tiba pada waktu yang sulit di Irlandia Utara dan perlu melangkah dengan hati-hati karena partai pro-Inggris terbesar terus memboikot pemerintah terkait pembagian kekuasaan yang dilimpahkan, bagian penting dari Perjanjian Jumat Agung 1998.



Biden berbicara selama beberapa menit kepada para pejabat di landasan, diapit Joseph Kennedy III, dari keluarga politik Irlandia-Amerika yang terkenal.

Joseph Kennedy III ditunjuk Biden sebagai utusan khusus AS untuk Irlandia Utara untuk urusan ekonomi pada Desember.

Biden dan Sunak akan mengadakan pertemuan pada Rabu pagi (12/4/2023), dan Biden juga akan terlibat dengan masing-masing pemimpin dari lima partai politik utama Irlandia Utara menjelang pidatonya di universitas Belfast.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)