Netanyahu Bawa-bawa Agama dalam Perang Melawan Hamas

Rabu, 01 November 2023 - 16:12 WIB
loading...
A A A

Siapakah Bangsa Amalek?


Dalam pidatonya pada hari Sabtu, Netanyahu mengatakan tentara Israel yang memerangi Hamas bergabung dengan rangkaian pahlawan Yahudi.

Menggambarkan sejarah yang “dimulai 3000 tahun yang lalu”, dia membandingkan para pejuang masa kini dengan Joshua ben Nun, yang menggantikan Musa dalam memimpin bangsa Israel, serta dengan “pahlawan tahun 1948, Perang Enam Hari tahun 1967, dan Perang Yom Kippur Oktober 1973".

“Tentara heroik kami memiliki satu tujuan utama—untuk sepenuhnya menghancurkan musuh yang mematikan dan memastikan keberadaan kami di tanah kami,” katanya.

“Kami selalu mengatakan ‘tidak akan lagi’. 'Tidak akan pernah lagi' adalah sekarang," lanjut Netanyahu.

Menurut Chabad.org, dalam Alkitab, bangsa Amalek adalah bangsa pertama yang menyerang orang Yahudi setelah eksodus dari Mesir, dan mereka dipandang sebagai musuh utama orang Yahudi.

Tradisi Yahudi berisi perintah atau mitzvot yang berasal dari Alkitab Ibrani untuk “melenyapkan bangsa Amalek” dan “jangan pernah melupakan perbuatan jahat yang dilakukan orang Amalek”—mengacu pada Ulangan.

Middle East Monitor (MEMO) organisasi nirlaba pro-Palestina yang berbasis di London mengeklaim: "Netanyahu telah [menyatakan] perang suci melawan Gaza, dengan mengutip Alkitab”.

"Para kritikus telah menyoroti bahwa teks dalam Alkitab Ibrani yang membahas balas dendam terhadap orang Amalek merupakan narasi 'genosida'," lanjut laporan MEMO.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)