Netanyahu Bawa-bawa Agama dalam Perang Melawan Hamas

Rabu, 01 November 2023 - 16:12 WIB
loading...
Netanyahu Bawa-bawa Agama dalam Perang Melawan Hamas
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membawa-bawa agama dalam perang melawan Hamas di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu telah membawa-bawa agama dalam perang melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Dalam sebuah pidato, dia menyamakan Hamas dengan bangsa Amalek—yang dia klaim sebagai musuh bebuyutan Yahudi dalam Alkitab.

Para kritikus mengatakan taktik Netanyahu tersebut menunjukkan bahwa dia dengan sengaja menarik faksi Ortodoks di kabinetnya dan memanfaatkan ide-ide “masa lalu” tentang perselisihan agama untuk menggalang dukungan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Sabtu malam saat mengumumkan invasi darat ke Gaza, PM Netanyahu menyamakan Hamas dengan bangsa Amalek.

“Anda harus ingat apa yang telah dilakukan orang Amalek terhadap Anda, kata kitab suci kami—dan kami mengingatnya, dan kami sedang berjuang,” katanya.



Netanyahu mengutip dari Ulangan, kitab kelima Taurat—yang terdiri dari lima kitab pertama dalam Alkitab Ibrani.

Dalam konferensi pers pada hari Senin, Netanyahu kembali mengutip Alkitab ketika dia bersikeras tidak akan ada gencatan senjata dalam perang di Gaza.

“Alkitab berkata, ‘Ada waktunya untuk damai, ada waktunya untuk berperang'. Ini adalah waktunya untuk berperang,” katanya, merujuk pada Ecclesiastes (Pengkhotbah), bagian lain dari Alkitab Ibrani.

Israel telah mengintensifkan operasi udara dan darat terhadap Hamas di Gaza menyusul serangan berdarah oleh kelompok perlawanan Palestina tersebut lebih dari tiga minggu lalu. Serangan Hamas yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa tersebut menewaskan lebih dari 1.400 orang, dan ratusan lainnya diculik.

Sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Jalur Gaza mengeklaim lebih dari 8.300 warga Palestina telah terbunuh akibat pengeboman balasan Israel yang tiada henti, setengah dari mereka adalah anak-anak.

Profesor Joe Siracusa, Dekan Global Futures di Curtin University, mengatakan referensi Alkitab oleh Netanyahu kemungkinan besar merupakan seruan kepada sayap kanan Ortodoks di kabinetnya, dan mencerminkan pengaruh ayahnya, Benzion Netanyahu, seorang sarjana Alkitab terkenal.

“Saya pikir dia akan kembali ke akar tunggangnya—dia sedang membangun aura pertarungan ini,” katanya, seperti dikutip news.com.au, Rabu (1/11/2023).

“Kata-kata sangat berarti baginya, jadi dia kembali ke agama lamanya," ujarnya.

“Masalah besar yang dihadapi PM [Netanyahu] adalah menjual perang kepada publik. Bahkan Yesus dan Musa pun harus menjual programnya, bukan? Kami punya layar televisi, kami bisa melihat apa yang terjadi,” kata Profesor Siracusa.

“300.000 tentara cadangannya, mereka adalah tentara profesional. Mereka belum dilatih untuk membunuh anak-anak. Mereka berada jauh di luar zona nyaman mereka," paparnya.

Profesor Siracusa menjelaskan bahwa hal ini membuat Netanyahu perlu memunculkan “gambaran hebat” bagi masyarakat Israel, dan mencoba untuk “memberi mereka sesuatu untuk dipikirkan”.

Dia menggambarkannya sebagai “sebagian propaganda dan sebagian perintah alkitabiah”.

“Mereka semua sudah membaca Alkitab,” katanya.

“Orang Israel, betapapun sekulernya, harus mendengarkan hal ini di sinagoga. Menurut saya, dia bukan orang yang benar-benar beriman. Dia tidak menganggap saya sebagai orang yang sangat sensitif...[tetapi] dia dikelilingi oleh orang-orang yang benar-benar beriman," ujarnya.

Dr Jessica Genauer, dosen senior hubungan internasional di Flinders University, setuju bahwa referensi alkitabiah Netanyahu baru-baru ini ditujukan terutama untuk menarik konstituen dalam lanskap politik dalam negeri Israel.

“Netanyahu berada dalam koalisi pemerintahan dengan partai-partai politik agama dan nasionalis yang kemungkinan besar akan menggunakan referensi alkitabiah,” katanya.

Genauer menjelaskan bahwa pemimpin tersebut semakin mendapat kritik dan tekanan dari oposisi dalam negeri atas tanggapannya terhadap serangan 7 Oktober.

“Secara khusus ada pertanyaan mengenai apakah Netanyahu cukup fokus pada pembebasan sandera dari Gaza sebagai tujuan prioritasnya,” katanya.

“Netanyahu berupaya untuk menopang basis politiknya sendiri dalam konteks domestik Israel.”

Tapi Profesor Siracusa mengatakan audiens utama yang menerima komentar tersebut adalah Amerika Serikat (AS).

“Dia adalah seorang Zionis, dia tahu bahwa dukungan yang dia dapatkan di dunia, khususnya di Amerika, berasal dari Zionis Kristen,” katanya.

“Zionisme dan Zionisme Kristen memiliki banyak kesamaan, yaitu keduanya berpegang pada Alkitab. Kami tidak berbicara tentang Perjanjian Baru, hal-hal yang tidak penting, semuanya adalah Perjanjian Lama.”

"Kaum evangelis di AS percaya bahwa menurut Wahyu, Israel harus berdiri pada hari terakhir agar mereka dapat bertobat," jelasnya, dan mengatakan bahwa keyakinan terhadap nubuatan akhir zaman dalam Alkitab sangat memprihatinkan.

“Saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan dan menulis tentang senjata nuklir,” katanya.

“Orang-orang seperti [mantan Menteri Luar Negeri AS] Mike Pompeo, yang merupakan orang Kristen yang dilahirkan kembali, tidak peduli untuk mempercepat akhir zaman. Mereka tidak takut.”

Siapakah Bangsa Amalek?


Dalam pidatonya pada hari Sabtu, Netanyahu mengatakan tentara Israel yang memerangi Hamas bergabung dengan rangkaian pahlawan Yahudi.

Menggambarkan sejarah yang “dimulai 3000 tahun yang lalu”, dia membandingkan para pejuang masa kini dengan Joshua ben Nun, yang menggantikan Musa dalam memimpin bangsa Israel, serta dengan “pahlawan tahun 1948, Perang Enam Hari tahun 1967, dan Perang Yom Kippur Oktober 1973".

“Tentara heroik kami memiliki satu tujuan utama—untuk sepenuhnya menghancurkan musuh yang mematikan dan memastikan keberadaan kami di tanah kami,” katanya.

“Kami selalu mengatakan ‘tidak akan lagi’. 'Tidak akan pernah lagi' adalah sekarang," lanjut Netanyahu.

Menurut Chabad.org, dalam Alkitab, bangsa Amalek adalah bangsa pertama yang menyerang orang Yahudi setelah eksodus dari Mesir, dan mereka dipandang sebagai musuh utama orang Yahudi.

Tradisi Yahudi berisi perintah atau mitzvot yang berasal dari Alkitab Ibrani untuk “melenyapkan bangsa Amalek” dan “jangan pernah melupakan perbuatan jahat yang dilakukan orang Amalek”—mengacu pada Ulangan.

Middle East Monitor (MEMO) organisasi nirlaba pro-Palestina yang berbasis di London mengeklaim: "Netanyahu telah [menyatakan] perang suci melawan Gaza, dengan mengutip Alkitab”.

"Para kritikus telah menyoroti bahwa teks dalam Alkitab Ibrani yang membahas balas dendam terhadap orang Amalek merupakan narasi 'genosida'," lanjut laporan MEMO.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)