NILI, Unit Rahasia Bentukan Shin Bet dan Mossad untuk Lacak Pentolan Hamas

Selasa, 31 Oktober 2023 - 08:27 WIB
loading...
NILI, Unit Rahasia Bentukan Shin Bet dan Mossad untuk Lacak Pentolan Hamas
Israel disebut memiliki unit rahasia NILI bentukan Shin Bet dan Mossad. Misinya melacak para petinggi Hamas dalang serangan 7 Oktober. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Media-media Israel melaporkan bahwa Shin Bet (dinas keamanan internal Israel) bersama dengan dinas intelijen Mossad telah membentuk unit rahasia bernama NILI.

Unit itu dibentuk untuk melacak petinggi Hamas yang mengorganisir pembunuhan lebih dari 1.400 warga Israel selama serangan mematikan 7 Oktober lalu.

NILI merupakan akronim Ibrani untuk frasa Alkitab "Netzah Yisrael Lo Yeshaker" atau "Yang Abadi Israel tidak akan berbohong".

Hingga saat ini, baik keberadaan maupun aktivitas NILI belum dikonfirmasi oleh pemerintah Israel.



Namun Ahron Bregman, seorang ilmuwan politik Israel di King's College London yang menghabiskan enam tahun di layanan militer Israel, cukup yakin bahwa unit rahasia tersebut benar-benar ada.

“Shin Bet bersama Mossad membentuk pusat operasi khusus yang bertugas melacak dan membunuh anggota Hamas yang memasuki Israel dan membantai warga Israel pada 7 Oktober,” kata Bregman.

“Saya tahu dari sumber terpercaya bahwa forum ini sudah ada," ujarnya, seperti dikutip France24, Selasa (31/10/2023).

Pembentukan unit semacam itu bukanlah hal yang mengejutkan, kata Shahin Modarres, pakar intelijen Iran dan Israel di The International Team for the Study of Security Verona (ITSS).

“Piagam Mossad menetapkan bahwa misinya mencakup menetralisir ancaman terhadap Israel dan melakukan balas dendam,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2682 seconds (0.1#10.140)