Diskusi Persiapan Invasi Israel ke Gaza, Menlu AS Anggap Pertemuan dengan MBS Sangat Produktif

Minggu, 15 Oktober 2023 - 14:43 WIB
loading...
A A A
Pada Sabtu malam, Iran memperingatkan “konsekuensi luas” jika pemboman Israel tidak dihentikan.



Pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga mengatakan kepada kelompok militan Hizbullah di Lebanon, yang bertetangga dengan Israel di utara, untuk tidak memulai perang di front kedua, dan mengancam “penghancuran Lebanon” jika mereka melakukannya.

Blinken memulai turnya pada hari Kamis di Israel, menyuarakan dukungan kuat AS terhadap sekutu terdekat Washington di Timur Tengah dalam perang melawan Hamas.

Sejak itu, ia mengunjungi Yordania, Qatar, Bahrain, Arab Saudi. Dia melakukan kunjungan singkat ke Uni Emirat Arab dan kembali ke Riyadh untuk bertemu Putra Mahkota pada Sabtu malam, meski pertemuan itu baru terwujud pada Minggu pagi.

Dia diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Mesir pada Minggu malam.

Pihak berwenang Gaza mengatakan lebih dari 2.300 orang tewas, seperempat di antaranya anak-anak, dan hampir 10.000 orang terluka. Petugas penyelamat mati-matian mencari korban yang selamat dari serangan udara malam hari. Satu juta orang dilaporkan meninggalkan rumah mereka.

Blinken pada hari Sabtu bertemu Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal Bin Farhan di Riyadh. Sebelum pertemuan mereka, Blinken mengatakan melindungi warga sipil di kedua sisi konflik sangatlah penting.

“Dan kami bekerja sama untuk melakukan hal tersebut, khususnya berupaya membangun kawasan aman di Gaza, berupaya membangun koridor sehingga bantuan kemanusiaan dapat menjangkau orang-orang yang membutuhkannya," ungkap Blinken.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)