Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Sabtu, 30 September 2023 - 22:05 WIB
loading...
A A A
Selama perang yang berlangsung selama 44 hari, pasukan separatis dan Armenia bergerak dalam kelompok besar atau dengan truk. Parit mereka lebar namun dangkal, dan artileri serta posisi mereka bertahan selama berhari-hari, sehingga menjadi sasaran empuk drone.

Beberapa pengamat dan pejabat Armenia mengklaim bahwa kawanan drone yang menyerang tank, sistem rudal, artileri, parit, dan pasukan dioperasikan dari Turki, dan Ankara diduga mengirimkan “tentara bayaran” yang direkrut ke Suriah.

Pejabat Armenia dan media Barat juga menyatakan bahwa Turki mengerahkan ribuan “tentara bayaran” yang direkrut di wilayah pro-Ankara di Suriah. Azerbaijan dan Turki membantah klaim tersebut.

Perang ini menyebabkan Azerbaijan kehilangan hampir 2.800 tentara dan miliaran dolar yang dihabiskan untuk persenjataan.

Dan yang terakhir, gabungan perekonomian Armenia dan Nagorno-Karabakh terlalu lemah dan korup untuk mendukung militer.

“Perekonomian sedang lemah, penuh dengan kejahatan dan bahkan mafia,” kata Mitrokhin. “Investor asing, terutama yang berasal dari diaspora Armenia, tidak ingin berinvestasi karena mengetahui adat istiadat setempat – atau lebih tepatnya merasa kecewa dengan mereka.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)