Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Sabtu, 30 September 2023 - 22:05 WIB
loading...
Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?
Konflik Armenia dan Azerbaijan tidak akan berhenti dan diprediksi akan terus memanas. Foto/Reuters
A A A
BAKU - “Selamat datang di Telekomunikasi Karabakh. Nomor yang Anda tuju tidak ada,” kata suara perempuan tanpa emosi.

Nomor tersebut milik seorang wanita etnis Armenia yang tinggal di Stepanakert, yang sekarang merupakan bekas ibu kota de facto Nagorno-Karabakh, sebuah negara bagian separatis jauh di pegunungan Azerbaijan yang belum diakui bahkan oleh pendukung utamanya, Armenia.

Suami wanita tersebut terluka dan menderita luka bakar parah setelah gudang bahan bakar meledak pada hari Selasa dan menewaskan puluhan orang di dekat Stepanakert, sebuah kota yang dikenal sebagai Khakendi di Azerbaijan.

Sehari kemudian, dia diterbangkan ke Yerevan, ibu kota Armenia, namun keluarganya masih berada di Stepanakert di tengah kekurangan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya.

“Ini adalah mimpi buruk. Itu hanya jebakan,” kata kerabat perempuan tersebut di Ukraina kepada Al Jazeera.

“Seluruh keluarga saya – tiga bibi, anak-anak mereka, cucu-cucu, kakek saya – semuanya tunawisma.”

Puluhan ribu warga etnis Armenia juga menjadi tunawisma yang melarikan diri dari Nagorno-Karabakh setelah lebih dari tiga dekade kemerdekaan de facto, yang diproklamasikan pada 2 September 1991.

Proklamasi tersebut menyusul perang pertama antara dua negara bekas Soviet, Armenia dan Azerbaijan. Aksi ini merenggut sekitar 30.000 nyawa dan membuat ratusan ribu warga Armenia dan Azeri terpaksa mengungsi ke Rusia.

Pasukan Armenia dan separatis merebut tujuh distrik di sekitar Nagorno-Karabakh yang menghubungkan negara bagian itu dengan Armenia dan menjadi tanah tak bertuan yang dipenuhi kota hantu dan ladang ranjau.

Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi krisis Azerbaijan dan Armenia.

1. Konflik beku di Bekas Uni Soviet

Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Foto/Reuters

Kebuntuan ini dianggap sebagai salah satu “konflik beku” yang terjadi di bekas Uni Soviet, di mana kelompok separatis dan Armenia yang miskin sumber daya tampaknya memberikan kekuatan militer dan ekonomi yang melebihi kekuatan mereka.

Para pemimpin separatis yang penuh kemenangan mulai berkuasa di Armenia, membentuk “klan Karabakh” yang banyak dituduh melakukan korupsi sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi dan investasi asing. Mereka juga diduga menyalahgunakan sumbangan besar dari diaspora Armenia untuk persenjataan baru.

Setelah hampir tiga dekade hidup dalam kemiskinan, isolasi, dan meningkatnya kekerasan, kelompok separatis kehilangan distrik dan wilayah penting lainnya dalam perang dengan Azerbaijan pada tahun 2020.

Setelah 32 tahun dan 26 hari kemerdekaan yang tidak diakui, dan satu lagi gejolak awal bulan ini, Nagorno-Karabakh tidak ada lagi.

Pada hari Kamis, pemimpin separatis Samvel Shakhramanyan menandatangani dekrit yang menyatakan bahwa lembaga-lembaga negara di wilayah tersebut akan dibubarkan dan negara kecil tersebut, yang dikenal secara lokal dan di Armenia sebagai Artsakh, tidak akan ada lagi pada tanggal 1 Januari 2024.

Juga pada hari Kamis, David Babayan, mantan diplomat penting Karabakh, menyerah kepada pihak berwenang Azeri.

Sehari sebelumnya, Ruben Vardanyan, seorang etnis Armenia yang menghasilkan miliaran dolar di Rusia tetapi pindah ke Karabakh dan menjabat sebagai salah satu “menterinya”, ditangkap dan dibawa ke ibu kota Azeri, Baku.

Di Azerbaijan, berita itu disambut dengan gembira.

“Hari ini adalah hari bersejarah, dan kita harus membayar iuran kepada [Presiden Azerbaijan Ilham] Aliyev dan tentara Azeri,” kata analis yang berbasis di Baku, Emil Mustafayev, kepada Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa menurutnya konflik “pasti” telah berakhir.

“Hari ini, kita menyaksikan bagaimana separatisme berakhir di wilayah Azerbaijan.”

Dia mengatakan bahwa “tahap baru” pembangunan akan segera tiba bagi warga Azeri dan etnis Armenia di Nagorno-Karabakh, karena mereka dijamin memiliki hak kewarganegaraan penuh.

“Tentu saja, permulaannya akan sulit; ada ketidakpercayaan, katanya. “Tetapi saya yakin dalam 10 tahun, kita akan melihat gambaran lain, dengan Karabakh yang maju dan orang-orang Armenia yang bahagia.”


2. Namun mayoritas warga Armenia di Karabakh tidak mempercayai janji Baku.

Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Foto/Reuters

Sekitar 85 persen populasi etnis Armenia di Nagorno-Karabakh – yang berjumlah 120.000 orang hingga minggu lalu – telah meninggalkan negaranya, dan sebagian besar dari mereka yang tersisa kemungkinan besar juga akan pindah.

“Bibi saya adalah satu-satunya yang tersisa di lingkungannya di Stepanakert, menantu perempuannya adalah seorang dokter, dan para dokter akan menjadi orang terakhir yang pergi,” kata seorang pria etnis Armenia yang sekarang tinggal di Uzbekistan kepada Al Jazeera.

Ayahnya dimakamkan di Stepanakert, dan dia siap menampung setiap kerabatnya.

Dia juga bersikukuh bahwa akhir kemerdekaan Nagorno-Karabakh didalangi awal bulan ini oleh para pemimpin Rusia dan Turki.

3. Pemainan Rusia dan Turki

Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Foto/Reuters

Pada tanggal 6 September, Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di resor Sochi di Laut Hitam.

Rusia selama beberapa dekade mendukung Armenia dan memiliki hubungan dekat dengan Azerbaijan, sementara Turki sangat mendukung Azerbaijan, menyediakan persenjataan canggih dan drone dalam perang tahun 2020.

Dua minggu setelah pertemuan tersebut, empat tentara Azerbaijan dan dua warga sipil tewas akibat ranjau darat yang menurut Baku ditanam oleh kelompok separatis.

Pasukan Azerbaijan berjuang menuju Nagorno-Karabakh, dan sehari kemudian, serangan kilat berakhir ketika Rusia menjadi perantara gencatan senjata.

“Setelah pertemuan mereka, [pasukan Azeri] diperintahkan [di Karabakh], dilepaskan, dan mengejar kami,” kata pria tersebut. “Putin mengecewakan Armenia, memutuskan untuk membengkokkannya.”

Para analis menunjuk pada tren dan kesalahan perhitungan lain yang menyebabkan kemenangan Baku.

4. Salah satunya adalah demografi.

Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Foto/Reuters

Meskipun tingkat kelahiran tinggi, emigrasi ke Armenia, Rusia dan negara-negara Barat selama bertahun-tahun telah menguras habis negara sebesar Dubai, yang populasi resminya mencapai puncaknya pada sekitar 140.000 jiwa.

Populasi Armenia juga menyusut menjadi sekitar 2,7 juta jiwa, sementara Azerbaijan yang kaya minyak memiliki lebih dari 10 juta penduduk saat ini.

Jumlah etnis Armenia dari Suriah, yang melarikan diri dari perang saudara dan diberi tanah gratis di Nagorno-Karabakh, berjumlah sedikit dan tidak membalikkan tren populasi.

“Maklum, bahkan 140.000 orang tidak akan mampu menahan populasi Azerbaijan yang jauh lebih besar dan terus bertambah,” kata Nikolay Mitrokhin dari Universitas Bremen di Jerman kepada Al Jazeera.

5. Masalah terbesar kedua adalah militer.

Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Foto/Reuters

Kelompok separatis, Armenia, dan diaspora Armenia di seluruh dunia hanya berinvestasi sedikit dalam pembangunan instalasi pertahanan lini kedua, terutama benteng di pegunungan, kata Mitrokhin.

Mereka mengandalkan strategi yang sudah ketinggalan zaman dan tidak memperhitungkan perkembangan baru yang telah teruji di Timur Tengah.

“Mereka menyamarkan peralatan militer dengan buruk, hanya saja mereka tidak memikirkan hal itu,” kata Mitrokhin tentang perang tahun 2020.

“Mereka mengabaikan upaya Baku untuk memodernisasi militernya pada tahun 2010-an dan tidak membeli drone dan unit artileri bergerak yang dilengkapi dengan jip, sesuatu yang terjangkau bagi Armenia dan Artsakh,” katanya.

Selama perang yang berlangsung selama 44 hari, pasukan separatis dan Armenia bergerak dalam kelompok besar atau dengan truk. Parit mereka lebar namun dangkal, dan artileri serta posisi mereka bertahan selama berhari-hari, sehingga menjadi sasaran empuk drone.

Beberapa pengamat dan pejabat Armenia mengklaim bahwa kawanan drone yang menyerang tank, sistem rudal, artileri, parit, dan pasukan dioperasikan dari Turki, dan Ankara diduga mengirimkan “tentara bayaran” yang direkrut ke Suriah.

Pejabat Armenia dan media Barat juga menyatakan bahwa Turki mengerahkan ribuan “tentara bayaran” yang direkrut di wilayah pro-Ankara di Suriah. Azerbaijan dan Turki membantah klaim tersebut.

Perang ini menyebabkan Azerbaijan kehilangan hampir 2.800 tentara dan miliaran dolar yang dihabiskan untuk persenjataan.

Dan yang terakhir, gabungan perekonomian Armenia dan Nagorno-Karabakh terlalu lemah dan korup untuk mendukung militer.

“Perekonomian sedang lemah, penuh dengan kejahatan dan bahkan mafia,” kata Mitrokhin. “Investor asing, terutama yang berasal dari diaspora Armenia, tidak ingin berinvestasi karena mengetahui adat istiadat setempat – atau lebih tepatnya merasa kecewa dengan mereka.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)