Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Sabtu, 30 September 2023 - 22:05 WIB
loading...
Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?
Konflik Armenia dan Azerbaijan tidak akan berhenti dan diprediksi akan terus memanas. Foto/Reuters
A A A
BAKU - “Selamat datang di Telekomunikasi Karabakh. Nomor yang Anda tuju tidak ada,” kata suara perempuan tanpa emosi.

Nomor tersebut milik seorang wanita etnis Armenia yang tinggal di Stepanakert, yang sekarang merupakan bekas ibu kota de facto Nagorno-Karabakh, sebuah negara bagian separatis jauh di pegunungan Azerbaijan yang belum diakui bahkan oleh pendukung utamanya, Armenia.

Suami wanita tersebut terluka dan menderita luka bakar parah setelah gudang bahan bakar meledak pada hari Selasa dan menewaskan puluhan orang di dekat Stepanakert, sebuah kota yang dikenal sebagai Khakendi di Azerbaijan.

Sehari kemudian, dia diterbangkan ke Yerevan, ibu kota Armenia, namun keluarganya masih berada di Stepanakert di tengah kekurangan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya.

“Ini adalah mimpi buruk. Itu hanya jebakan,” kata kerabat perempuan tersebut di Ukraina kepada Al Jazeera.

“Seluruh keluarga saya – tiga bibi, anak-anak mereka, cucu-cucu, kakek saya – semuanya tunawisma.”

Puluhan ribu warga etnis Armenia juga menjadi tunawisma yang melarikan diri dari Nagorno-Karabakh setelah lebih dari tiga dekade kemerdekaan de facto, yang diproklamasikan pada 2 September 1991.

Proklamasi tersebut menyusul perang pertama antara dua negara bekas Soviet, Armenia dan Azerbaijan. Aksi ini merenggut sekitar 30.000 nyawa dan membuat ratusan ribu warga Armenia dan Azeri terpaksa mengungsi ke Rusia.

Pasukan Armenia dan separatis merebut tujuh distrik di sekitar Nagorno-Karabakh yang menghubungkan negara bagian itu dengan Armenia dan menjadi tanah tak bertuan yang dipenuhi kota hantu dan ladang ranjau.

Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi krisis Azerbaijan dan Armenia.

1. Konflik beku di Bekas Uni Soviet

Apakah Perang Armenia-Azerbaijan untuk Memperebutkan Nagorno-Karabakh Berakhir?

Foto/Reuters

Kebuntuan ini dianggap sebagai salah satu “konflik beku” yang terjadi di bekas Uni Soviet, di mana kelompok separatis dan Armenia yang miskin sumber daya tampaknya memberikan kekuatan militer dan ekonomi yang melebihi kekuatan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)