Pakar: Diledakkan Ukraina, Sistem Rudal S-400 Rusia Terbukti Gagal Cegat Misil Musuh

Sabtu, 16 September 2023 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Sejak itu, para pejabat Ukraina mengatakan bahwa rudal R-360 Neptune, yang biasanya merupakan senjata anti-kapal, telah dikonfigurasi ulang untuk menyerang sasaran di darat, sehingga memberi Ukraina kemampuan serangan jarak jauh yang lebih luas.

Serangan-serangan tersebut kemungkinan besar merupakan pukulan terhadap harga diri Rusia, yang terjadi setelah gelombang serangan pesawat tak berawak terhadap negara itu sendiri, termasuk terhadap beberapa pangkalan udara.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa serangan-serangan itu juga mengungkap kelemahan pertahanan udara Rusia dan kemungkinan besar mendorong reorganisasi di sekitar pangkalan udara.

Sistem S-400 diciptakan sebagai upgrade dari S-300 Rusia sebelumnya, yang merupakan jawaban negara tersebut terhadap sistem pertahanan udara Patriot AS.

Hal ini awalnya mengejutkan Pentagon, yang memperingatkan Turki agar tidak membelinya di bawah pemerintahan Donald Trump, seperti yang dilaporkan New York Times pada tahun 2017.

Pada saat itu, analis pertahanan Michael Kofman mengatakan sistem pertahanan Rusia cukup mumpuni dan pada saat yang sama sangat berlebihan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)