alexametrics

Rusia Berencana Lakukan Vaksinasi Massal Covid-19 pada Oktober

loading...
Rusia Berencana Lakukan Vaksinasi Massal Covid-19 pada Oktober
Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko mengatakan, pihaknya berencana untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dalam skala besar pada Oktober mendatang. Foto/REUTERS
A+ A-
MOSKOW - Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko mengatakan, pihaknya berencana untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dalam skala besar pada Oktober mendatang. Murashko mengatakan, vaksinasi itu akan dilakukan saat pengembangan vaksin itu rampung.

Murashko mengatakan, Gamaleya Institute, sebuah fasilitas penelitian negara di Moskow, telah menyelesaikan uji klinis vaksin dan dokumen sedang dipersiapkan untuk mendaftarkannya.

(Baca juga: Dokter di Brazil Ajukan Diri Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19)

Dia mengatakan, dokter dan guru akan menjadi orang pertama yang divaksinasi. "Kami merencanakan vaksinasi yang lebih luas untuk Oktober," kata Murashko dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Sabtu (1/8/2020).Gamaleya Institute telah mengerjakan vaksin berbasis adenovirus.



Namun, kecepatan di mana Rusia bergerak untuk meluncurkannya telah mendorong beberapa media Barat untuk mempertanyakan apakah Moskow menempatkan prestise nasional di atas sains dan keselamatan.

(Baca juga: Rusia Kejutkan Dunia, Gunakan Vaksin Covid-19 10 Agustus 2020)



Kepala Dana Investasi Langsung Rusia, Kirill Dmitriev, mengatakan bahwa keberhasilan Rusia dalam mengembangkan vaksin sama dengan peluncuran Sputnik 1 1957 oleh Uni Soviet, satelit pertama di dunia.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak